PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Kamis, 12 Desember 2013

PROJEK PROPOSAL PEMBANGUNAN MCK

PROJEK PROPOSAL

PEMBANGUNAN MCK

         SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU IBNU SINA















SEKOLAH DASAR
                                  ISLAM TERPADU IBNU SINA
KABUPATEN NUNUKAN
2014


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT , karena atas limpahan karunia dan taupik serta hidayahnya Proposal Permohonan Izin Operasional ini dapat terselesaikan.
Proposal ini diajukan sebagai bentuk permohonan untuk mendapatkan izin operasional dari dinas terkait. Proposal ini juga dimaksudkan sebagai bahan acuan Bapak untuk memberikan dukungan dalam rangka pelaksanaan kegiatan pendidikan sarana tempat menyelenggarakan proses belajar masyarakat dalam rangka menumbuhkan tingkat SDM Masyarakat khususnya dalam peningkatan terhadap Arti Penting Tentang Kebersihan.
Kami sadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak terdapat kekurangan namun diharapkan dapat memberikan gambaran sekaligus infomasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.
Akhirnya kepada semua pihak kami sampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas segala bantuan sehingga proposal ini dapat tersusun sebagaimana yang diharapkan.


Nunukan, 2 Desember 2013

Lamp.  : 1 (satu) berkas
Hal      : Permohonan Bantuan Pembangunan MCK

Kepada Yth,
Kepala Dinas Pendidikan
Di
   Nunukan   

Pendidikan adalah suatu hal yang urgen yang dimana notabennya perlu mendapat perhatian serius terhadap seluruh komponen masyarakat dan Pemerintah terkhusus dalam rangka membantu pertumbuhan dan perkembangan mutu pendidikan terutama dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak untuk itu sangat penting diwujudkan sarana dan prasarana sebagai penunjang untuk menopang pendidikan yang berkualitas.

Maka dengan hormat kami beritahukan kepada bapak bahwa untuk mencukupi sarana dan prasarana guna meningkatkan mutu pendidikan yang berkualitas. Saat ini, kami sedang merencanakan pembangunan MCK. Berhubung dengan segala keterbatasan swadaya yang ada pada masyarakat, kami mohon dengan segala kerendahan hati kepada Bapak, sudi dan berkenan kiranya untuk membantu tersedianya sarana dan prasarana yang sangat kami butuhkan di sekolah kami sebagaimana tertuang dalam pengajuan proposal ini.

Sebagai bahan pertimbangan, kami sertakan data-data pendukung yaitu : Profil Sekolah SD Islam Terpadu Ibnu Sina.

Demikianlah permohonan kami, atas perhatian dan pertimbangan dari Bapak kami ucapkan terimakasih.
Nunukan, 2 Desember 2013

       Mengetahui

      Kepala                                                         Panitia Pelaksana Lokal Sekolah
SD Islam Terpadu Ibnu Sina                                                             Ketua
                                                                                   

                                                  
                                                           

         Syafaruddin, S.Pi                                                                      SUARDI
BAB I
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan syarat utama dalam upaya pencapaian tatanan masyarakat madani. Keunggulan Sumber Daya Alam tidak akan berarti banyak tanpa ketersediaan personal yang memiliki tingkat kemampuan yang memadai. Secara historis negara-negara yang memiliki SDM yang unggul cenderung lebih eksistensi dibandingkan dengan negara-negara yang yang hanya memiliki keunggulan sumber daya lainya. Dan kuat indikasi bahwa keunggulan SDM hanya akan tercipta melalui penyelenggaraan Pendidikan yang memadai. Oleh karena itu, Pemberian Pelayanan Pendidikan yang baik merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk menciptakan SDM yang unggul.
Secara umum dunia Pendidikan Indonesia dihadapkan pada tiga tantangan besar yaitu: tuntutan untuk mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai, peningaktan terhadap ekses iklim globalisasi, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan Otonomi Daerah. Disamping itu Pendidikan Nasional juga masih dihadapkan pada beberapa permasalahan lain yang menonjol yaitu, masih rendahnya pemerataan untuk memperoleh pendidikan, masih rendahnya kualitas dan relevansi pendidikan dan masih lemahnya manajemen pendidikan.
Terselenggaranya proses pendidikan yang baik sangat dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana sekolah yang memadai, disamping komponen-komponen pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar yang lain. Oleh karena itu kami sangat memerlukan bantuan yang berupa dana pembangunan MCK di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Sina Kelurahan Nunukan Barat, demi tercapainya kesadaran bersama tentang arti penting kebersihan di sekolah kami.
Kenyataan diatas menyadarkan akan pentingnya usaha pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, hal ini menjadi prioritas yang sangat mendesak untuk segera dipenuh


2.      Nama Program Kegiatan
Pembangunan Sarana MCK Sekolah

3.      Nama sekolah dan alamat
Nama Sekolah       : Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Sina
Alamat                  : Jl. H. Agus Salim Rt. 08 Kelurahan Nunukan Barat                                                                                              

4.      Tujuan
a.                Pengembangan terhadap IMTAK merupakan upaya mengembangkan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas.
b.               Untuk memberikan suasana yang kondusif sesuai dengan fungsi pelayanan utama sekolah.
c.       Meningkatkan peran serta dan tanggung jawab masyarakat terhadap pendidikan.
d.      Meningkatkan mutu pendidikan melalui optimalisasi.



BAB II
PEMBAHASAN
Bertitik tolak pada tujuan pendidikan Nasional serta dengan memperhatikan kendala yang dihadapi untuk mencapai tujuan, kami berupaya untuk mengotimalkan program pembangunan MCK sekolah sehingga dapat mendukung terlaksananya kegiatan proses belajar mengajar bagi guru dan peserta didik.

1.      Profil  Sekolah
Jumlah lulusan selama 3 tahun terahir  stabil, jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan 2 tahun sebelumnya. Jumlah lulusan yang berasal dari kecamatan Nunukan selama 3 tahun terahir fluktuatif. Daya tampung sekolah 3 tahun terahir stabil. Jumlah peserta didik stabil; dan sisa daya tampung sekolah stabil.  
Bantuan bagi peserta didik yang kurang mampu sifatnya berkesinambungan dan berjenjang dari tahun ke tahun. Dalam tiga tahun terakhir tidak ada peserta didik yang kurang siap, dan karena belum memiliki juklak - juknis yang  jelas sehingga sekolah belum memprogramkan bentuk bantuan untuk siswa yang kurang siap, kecuali inisiatif pribadi personal sekolah.
Setelah melalui proses pengembangan ternyata minat dan bakat siswa dapat berkembang dengan baik sesuai dengan yang diharapkan baik di bidang akademik maupun non akademik. Sekolah sudah memiliki manejemen peserta didik dengan baik sehingga dari tahun ke tahun pendaftar meningkat dikarenakan sosialisasi yang terus menerus dan berkembangnya SD Islam Terpadu Ibnu Sina secara pesat.
Jumlah peserta didik dalam 4 tahun terakhir meningkat disesuaikan dengan ketersediaan rombel yang ada atau berkembang. Prosentase kehadiran peserta didik tiap bulan dalam 4 tahun terakhir rata-rata 95%. Tidak ada Angka putus sekolah dan yang mengulang dalam 4 tahun terakhir. Dalam tiga tahun terakhir rata-rata  90% lulusan yang melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Sedangkan Dalam 4 tahun terakhir,  Prestasi yang diraih di tingkat untuk akademik baru berhasil di tingkat Kabupaten.
Hal ini dikarenakan Sekolah memiliki program pengembangan bakat minat dan atau kreatifitas peserta didik dengan kegiatan yang beragam.

2.      Uraian Singkat tentang tujuan yang ingin dicapai pada :
a.      Pembangunan MCK Sekolah
a)      Tujuan Program
Tersedianya sarana pelayanan umum bagi murid maupu guru di SD Islam Terpadu Ibnu Sina Kecamatan Nunukan
b)      Kegiatan Program
·         Sosialisasi dan pembentukan tim pelaksanaan pembangunan.
·         Membuat rencana kerja teknis.
·         Menyusun rencana anggaran biaya.
·         Pelaksanaan pembangunan.
c)      Indikator Keberhasilan
·         Terlaksananya pembangunan MCK sekolah.
·         Siswa dan para guru mampu memaknai arti penting kebersihan


Nunukan, 2 Desember 2013


Kepala
SD Islam Terpadu Ibnu Sina




Syafaruddin, S.Pi


BAB III
PENUTUP

            Demikian proposal rencana pembangunan ini disusun sebagai pedoman bagi panitia untuk melaksanakan tugasnya dan sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak yang berniat untuk berpartisipasi memberi dukungan, baik moril mapun materiil, demi terwujudnya rencana tersebut.
Dengan segala kerendahan hati kami sampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang akan turut membantu terlaksa.







Nunukan, 2 Desember 2013

       Mengetahui

    Kepala                                                           Panitia Pelaksana Lokal Sekolah
SD Islam Terpadu Ibnu Sina                                                       Ketua Panitia
                                                                                   


                                                  
                                                           

       Syafaruddin, S.Pi                                                                        SUARDI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar