PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Kamis, 26 September 2019

MANFAAT GAYA DAN ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI


KATA PENGANTAR


Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas tentang Manfaat Fisika dalam Kehidupan Sehari-Hari. Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar- besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun  materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian
                                                                                             

Ralla,  Januari 2019


                                                                                                 Penulis


DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR
i
DAFTAR ISI
ii
A.    MANFAAT GAYA PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1
B.     MANFAAT ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
2
C.  MANFAAT MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
4
D.  MANFAAT  LISTRIK  DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
7
E.  MANFAAT UDARA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
8
F.   MANFAAT AR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
9
DAFTAR PUSTAKA 
14



















PENERAPAN TEKNOLOGI FISIKA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

A.    MANFAAT GAYA PADA KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1.      Manfaat dari gaya gesek yaitu antara lain sebagai berikut :
a)      Menghasilkan panas, misalnya gaya gesek yang timbulketika kita
b)      Menggosokkan kedua belah tangan kita dapat menghangatkan badan.
c)      Mengikis benda, contoh gaya gesek yang timbul dari ampelas terhadap kayu dapat membuat kayu menjadi halus.
d)     Mencegah benda tergelincir, contoh gaya gesek antara sepatu dan lantai membuat kita tidak tergelincir.

2.      Penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari :
1.      Kompas
Pada kompas terpasang magnet jarum yang selalu menunjuk arah utara dan selatan.
2.      Alat Pengangkut Besi Tua
Alat pengangkut besi tua menggunakaneketromagnet yang dialiri arus lisrik kuat sehingga besi tua akan menampel pada magnet.
3.      Ujung Gunting dan Obeng
Ujung gunting dibuat dari magnet supaya dapat digunakan untuk mengambil jarum dan pisau silet. Ujung obeng dibuat dari magnet agar dapat lebih mudah mengambil sekrup dan dan memasangnya pada lubang.
4.      Pintu Kulkas
Pada bagian dalam pintu kulkas terdapat sekat karet yang melapisi magnet di dalamnya. Tujuannya agar pintu kulkas selalu tertutup rapat sehingga makanan di dalamnya tetap segar.
5.      Buah Catur
Bagian bawah papan catur memiliki magnet agar buah catur tetap menempel kuat pada tempatnya.
6.      Kereta Api Maglev (Magnetic Levitation)
Kereta api jenis ini tidak memiliki roda dan dapat meluncur di atas udara. Rel kereta api ini terbuat dari magnet untuk menyangga kereta api dan membuat kereta api melayang dan bergerak.
7.      Dinamo Sepeda
Di dalam dinamo sepeda terdapat magnet yang berputar membangkitkan listrik sehingga lampu dapat menyala.
8.      Bel listrik
Bel listrik menggunakan inti besi yang dialiri arus listrik. Magnet yang muncul manarik jangkar besi sehingga pemukul mengenai bel dan bel berbunyi.
Dari manfaat beberapa jenis gaya kita flashback lagi apa itu gaya ? apa sajakah jenis-jenisnya? Nah dibawah ini akan di bahas mengenai Gaya.

1.      Definisi Gaya
Seorang yang mendorong meja, meja yang tadinya diam sekarang bisa bergerak. Meja bisa bergerak karena orang memberikan sesuatu kekuatan melalui dorongan, kekuatan itulah yang kita namakan sebagai gaya. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak. Jadi bila kita menarik atau mendorong benda hingga benda itu bergerak maka kita telah memberikan gaya terhadap benda tersebut. Besar kecilnya gaya dapat diukur menggunakan alat yang bernama neraca pegas atau dinamometer. Sedangkan satuan gaya dinyatakan dalam satuan Newton yang biasa ditulis dengan huruf N. Kata Newton diambil dari nama Sir Isaac Newton, seorang ahli matematika dan ilmuwan besar. Besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik benda akan ditunjukkan oleh jarum pada skala dinamometer.
2.      Jenis-jenis Gaya antara lain :
a.       Gaya magnet
b.      Gaya Gravitasi
c.       Gaya Gesek

B.     MANFAAT ENERGI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1.      Pengertian Energi
Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. Energi merupakan besaran yang kekal. Setiap kegiatan yang dilakukan oleh manusia membutuhkan energi. Energi disebut juga sebagai tenaga. Contoh aktivitas : Mengayuh sepeda,  berolahraga, bermain.
Hukum kekekalan Energi : “Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, energi hanya dapat diubah dari 1 bentuk energi ke bentuk energi yang lain.
2.      Klasifikasi dan jenis-jenis Energi
1)      Energi Mekanik
2)      Energi Listrik
3)      Energi Elektromagnetik
4)      Energi Kimia
5)      Energi Nuklir
6)      Energi Panas
7)      Energi Bunyi
3.      Sumber energy ada 2 yaitu :
Energi Terbarukan
Energi Tidak Terbarukan
4.      Perubahan Bentuk Energi
Perubahan bentuk energi adalah suatu peristiwa yang seolah – olah menghilang tetapi berubah bentuk.
1)      Energi listrik menjadi energi panas, misalnya pada setrika listrik, kompor listrik, dan solder listrik.
2)      Energi listrik menjadi energi cahaya, misalnya pada lampu.
3)      Energi listrik menjadi energi kimia, misalnya pada penyetruman (pengisian) aki.
4)      Energi cahaya menjadi energi kimia, misalnya fotosintesis.
Dengan demikian Energi dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai :
Makanan sebagai Sumber Energi bagi Tubuh Manusia
Energi dalam tubuh manusia bersumber dari makanan. Makanan manusia terdiri dari tumbuhan, misalnya buah-buahan, sayuran, umbi ataupun biji-bijian, dan dari hewan berupa daging, telur dan susu. Namun makanan hewan kalau ditelusuri berasal dari tumbuhan juga yaitu tumbuhan yang dimakan hewan tadi. Sedangkan tumbuhan memperoleh energi dari matahari. Tumbuhan dapat menyerap langsung cahaya matahari ke dalam tubuhnya melalui proses fotosintesis.
Untuk keperluan itu manusia perlu menghirup oksigen dari udara. Energi yang timbul dapat digunakan untuk kerja atau ditransfer dalam bentuk energi kimia yang lain misalnya dalam protein dan lemak.
Tenaga Surya
Tenaga surya adalah Tenaga surya adalah perangkat masak yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energi. Berhubung kompor jenis ini tidak menggunakan bahan bakar konvensional dan biaya operasinya rendah, organisasi kemanusiaan mempromosikan penggunaannya ke seluruh dunia untuk mengurangi penggundulan hutan dan penggurunan, yang disebabkan oleh penggunaan kayu sebagai bahan bakar untuk memasak. Kompor surya dapat digunakan di luar rumah, terutama dalam situasi ketika konsumsi bahan bakar minimal atau risiko kebakaran menjadi pertimbangan penting.
Pembangkit Listrik
Pembangkit listrik adalah bagian dari alat industri yang dipakai untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti PLTU, PLTN, PLTA, dan lain-lain. Bagian utama dari pembangkit listrik ini adalah generator, yakni mesin berputar yang mengubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan menggunakan prinsip medan magnet dan penghantar listrik. Mesin generator ini diaktifkan dengan menggunakan berbagai sumber energi yang sangat bemanfaat dalam suatu pembangkit listrik.

C.    MANFAAT MAGNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1.      Pengertian Magnet
Magnet adalah sejenis batu khusus yang pertama kali ditemukan di kota Magnesia dan mampu menarik benda-benda dengan kandungan logam. Magnet menghasilkan gaya dari dua kutub yang dimilikinya dengan arah seperti yang ditunjukkan gambar di atas. Gambar tersebut disebut garis gaya magnet, dan dibuat dengan cara menaburkan bubuk besi ke sekitar magnet batang. Gaya magnet saling tarik-menarik antara kutub yang berbeda, dan tolak-menolak antara kutub yang sama. Semakin dekat suatu benda dengan kutub magnet, makin kuat pula gaya yang didapatkannya. Magnet sendiri ada yang alami dan yang buatan. Manusia membuat magnet dengan cara menginduksi (menempelkan), mengosok-gosok satu arah, dan juga dengan aliran listrik (elektromagnet). Contoh penggunaan gaya magnet bisa kamu lihat pada pintu dan hiasan kulkas.
Berdasarkan kemagnetannya, benda dapat digolongkan menjadi dua, yaitu:
Benda magnetik (disebut juga Feromagnetik) Benda magnetik yaitu benda yang dapat ditarik oleh magnet dengan cukup kuat. Contoh: besi, baja, nikel, kobalt.
Benda bukan Magnetik (non magnetik) Terbagi menjadi:
a.       Paramagnet:
Paramagnetik yaitu benda yang dapat sedikit ditarik oleh magnet kuat. Contoh: alumunium, platina, tembaga.
b.      Diamagnetik:
Diamagnetik yaitu benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet kuat. Contoh: merkuri, emas, bismut, seng.
c.       Magnet keras : adalah benda yang sukar dijadikan magnet, tetapi setelah menjadi magnet, sifat kemagnetannya tersimpan lama. Contoh: baja, alkomak, kobalt.
d.      Magnet lunak adalah benda yang mudah dijadikan magnet tetapi tidak menyimpan lama sifat kemagnetannya. Contoh: besi.
2.      Medan magnet
Medan magnet adalah daerah di sekitar magnet di mana magnet lain masih dapat dipengaruhi oleh gaya magnet jika berada pada daerah itu. Garis gaya magnet adalah pola garis yang terbentuk di sekitar medan magnet.Sifat garis gaya magnet adalah: Garis gaya magnet keluar dari kutub utara dan masuk ke kutub selatan, Garis gaya magnet tidak pernah berpotongan, Tempat yang mempunyai garis gaya magnet yang rapat, menunjukkan medan magnet yang kuat.
3.      Gaya antar kutub magnet
Magnet mempunyai 2 kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Kutub utara (U) : selalu menunjuk ke arah utara bumi. Kutub Selatan (S): selalu menunjuk ke arah selatan bumi. Kutub-kutub sejenis tolak menolak Kutub-kutub tidak sejenis —> tarik-menarik.
4.      Teori Kemagnetan
Sebuah magnet selalu tersusun atas magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer, Pada benda magnetik, magnet elementer tersusun secara teratur, tetapi pada benda nonmagnetik, magnet elementernya tersusun secara acak, Prinsip membuat magnet adalah menjadikan magnet elementer yang semula acak (tidak teratur) menjadi teratur dan searah, Magnet elementer pada magnet lunak mudah diatur sehingga mudah dijadikan magnet, Magnet elementer pada magnet keras sukar diatur sehingga sukar dijadikan magnet, Pada benda yang sudah menjadi magnet, jika benda tersebut dipotong, maka masing-masing potongan tetap mempunyai kutub utara dan kutub selatan.
5.      Cara Membuat Magnet
Ada 3 cara untuk membuat magnet: Dengan cara menggosok, Dengan cara induksi (didekatkan tanpa menyentuh), dan dengan menggunakan arus listrik.
Untuk menghilangkan sifat kemagnetannya dapat dilakukan dengan cara:
Dipanaskan (pemanasan), Dipukul (pemukulan).
Dalam kehidupan sehari-hari gaya magnet digunakan untuk berbagai keperluan seperti :
1.      Mengambil Benda-Benda dari Logam
Benda yang dapat ditarik kuat oleh magnet adalah bahan yang terbuat dari logam seperti besi, baja, dan nikel. Dengan adanya sifat itu, magnet digunakan pada beberapa peralatan untuk mempermudah mengambil benda dari logam. Peralatan tersebut antara lain gunting, obeng, tang, dan alai pengangkut besi tua. Ujung-ujung gunting dibuat bermagnet agar mudah mengambil dan mencari jarum. Ujung obeng dibuat bermagnet agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obeng sehingga mudah memasangnya.
Alat pengangkut besi tua menggunakan elektromagnet yang dialiri arus listrik kuat untuk mengangkut besi tua. Besi tua akan menempel pada alas pengangkut selama arus listrik terns mengalir. Bila arus listrik dimatikan, besi tua akan berjatuhan. Alat tersebut juga berfungsi memisahkan besi dan baja tua dengan benda-benda lain yang bukan logam.
2.      Penunjuk Arah
Magnet dapat digunakan untuk menunjukkan arah karena kutub-kutub magnet selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Alat yang memanfaatkan sifat magnet tersebut adalah kompas. Kompas adalah alat penunjuk arah mata angin. Di dalam kompas terdapat magnet berbentuk jarum yang selalu menunjukkan arah utara dan selatan. Sehingga dapat digunakan untuk menunjukkan arah mata angin. Kompas digunakan oleh pelaut, pendaki gunung, dan pilot untuk membantu menunjukkan jalan.
3.      Membantu dalam Perubahan Energi
Coba kamu perhatikan beberapa peralatan listrik seperti televisi dan radio. Apakah kamu bisa melihat magnet pada peralatan tersebut? Meskipun tidak terlihat, beberapa peralatan tersebut menggunakan magnet pada bagian pengeras suara (speaker). Fungsi magnet pada speaker adalah mengubah energi listrik menjadi energi bunyi.
4.      Menghasilkan Listrik
Magnet dapat menghasilkan listrik dalam jumlah besar dan kecil. Salah satu alat yang menggunakan magnet untuk menghasilkan listrik adalah dinamo sepeda. Pada dinamo sepeda, magnet menghasilkan energi listrik dalam jumlah kecil yang digunakan untuk menyalakan lampu sepeda.
5.   Merapatkan Dua Benda
Coba perhatikan pintu lemari es. Mengapa pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat? Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.

6.      Menggantikan Roda pada Kereta Api Maglev
Kereta api jenis maglev adalah kereta api modern yang bergerak tidak menggunakan roda tetapi menggunakan magnet. Kereta api maglev bergerak melayang di atas rel yang terbuat dari magnet. Oleh karena itu kereta api ini disebut maglev, singkatan dari magnetic levitation yang artinya mengapung di atas magnet.

D.    MANFAAT  LISTRIK  DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1.      Arus Listrik
Arus listrik adalah aliran muatan listrik pada rangkaian tertutup yang mengalir dari tempat yang berpotensial tinggi ke tempat yang berpotensial rendah. Tempat yang berpotensial tinggi disebut kutub positif dan tempat berpotensial rendah disebut kutub negatif. Perbedaan potensial antara kutub negatif dan kutub positif disebut tegangan listrik atau potensial listrik. Satuan tegangan listrik adalah volt yang diukur menggunakan alat voltmeter.
2.      Rangkaian Listrik
Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik maka rangkaian listrik tersusun dengan tiga cara, yaitu :
1)      Rangkaian Seri
2)      Rangkaian Paralel
3)      Rangkaian Campuran
Dari materi diatas, listrik dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai :

Listrik sebagai penghasil cahaya
setiap sudut rumah kiat banyak lampu yang di pasang. gunanya lampu sebagai cahaya yang menerangi bila malam datang dan sebagai pengganti cahaya matahari.cara kerja nya kalao arus listrikmengalir pada kawat wolfarm yang pada lampu akan panas dan mengakibatkan berpijar.kawat wolfram ini bersifat halus dan berhambatan tinggi.
Listrik sebagai penghasil panas.
kalo listrik sebagai penghasil panas kita aplikasikan pada alat yang menggunakan elemen pemanas. bisanya di gunkan untuk keperluan rumah tangga seperti untuk memasak (komporlistrik),untuk menanak nasi (magic com),untuk menyetrika (setrika listrik) dan masih banyak lagi alat yang menggunakan pemanas.bila arus mengalir pada nikel atau elemn pemanas maka akan mengakibatkan panas, panas inilah yang di gunakan untuk kebutuhan sehari hari.
Listrik sebagai penghasil gerak
di dalam kehidupan sehari hari kita sering menjumpai berbagai macam kebutuhan yang mengguanakn liistrik untuk menghasilkan gerak .sebagi contoh motor,mobil kipas angin dan lain lain alat ini menghasilkan gerak untuk berjalan atapun untuk memudahkan manusia dalam segala aktivitasnya. cara kerjanya bila arus mengallir pada rangkaian motor. motor juga dapat menghasilkan angin dengan cara beri baling baling pada ujung motor.


E.     MANFAAT UDARA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1.      Definisi dan susunan udara
Udara merupakan campuran berbagai gas yg tidak berwarna dan tidak berbau yang memenuhi ruang di atas bumi. Udara merujuk kepada campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi.
Akan tetapi secara umum udara tersusun dari dua macam gas: gas permanen yang keberadaanya dalam udara relatif tetap jumlahnya, dan gas tidak permanen yang keberadaanya di udara relatif tidak tetap. Untuk dapat mengetahui susunan udara , para ahli menganalisis dari udara kering pada lapisan paling bawah yakni troposfer yang dapat anda ikuti seperti tabel di bawah ini.
Susunan udara kering berdasarkanproses volume

2.      Sifat udara
Sifat udara yang mudah diamati secara langsung adalah sifat mobile (bergerak), hal tersebut dapat kita lihat sebagai angin. Angin adalah udara yang bergerak. Udara bergerak atau berpindah tempatnya disebabkan oleh perbedaan tekanan. Udara bergerak dari tekanan tinggi (maksimum) menuju daerah dengan tekanan rendah (minimum) . Perbedaan tekanan ini disebabkan oleh pengaruh suhu yang diterima dari sinar matahari. Karena sepanjang tahun daerah permukaan bumi yang disinari matahari berubah-ubah sesuai dengan perjalanan waktu. Ingat bumi miring 66,6° terhadap bidang edarnya sehingga belahan bumi utara dan selatan bergantian 6 bulan sekali mendapat sinar matahari yang cukup.
3.      Lapisan Atmosfer
Lapisan Atmosfer terdiri dari
1)      Troposfer
2)      Stratosfer
3)      Mesosfer
4)      Thermosfer
5)      Eksosfer
Dari materi diatas dapat kita ketahui bahwa manfaat Udara dalam kehidupan sehari-hari yaitu mencakup :
1)      Membantu kehidupan sehari-hari, seperti mengeringkan pakaian, menerbangkan layang-layang, penyerbukan tumbuhan, dan mengisi ban sepeda atau ban mobil.
2)      Untuk menggerakkan kincir angin.Gerakan kincir angin ini dapat dimanfaatkan untuk memompa air guna keperluan pertanian.
3)      Membantu proses pembakaran. Bagian udara yang membantu pembakaran adalah oksigen.
4)      Perantara penyampaian suara atau bunyi. Bunyi dapat merambat melalui zat padat, zat cair, maupun zat gas (udara).
5)      Diperlukan untuk pernapasan.

F.     MANFAAT AIR DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1.      Pengertian Air
Air adalah suatu zat yang berwujud cair yang memiliki sifat tertentu, misalnya volumenya tetap, bentuknya berubah sesuai dengan tempatnya atau wadahnya dan air juga memiliki berat. Air tersusun atas unsur hydrogen dan oksigen (H2O).
Air merupakan unsure yang terpenting didalam proses kehidupan di bumi ini. Tanpa adanya air, pasti semua makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup. Air sendiri merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, jadi air tidak akan pernah habis walaupun digunakan oleh berjuta juta makhluk hidup di dunia ini.
2.      Macam-macam air
·         Air Laut
·         Air Hujan
·         Air Tanah
3.      Sifat-sifat Air
1)      Mengalir dari tempat yang tinggi ketempat yang rendah.
2)      Permukaan selalu datar dan bentuk selalu menyesuaikan dengan ruang/tempatnya.
3)      Dapat berubah wujud jika di panaskan/di dinginkan.
4)      Air meresap melalui celah-celah ( Kapilaritas ).
5)      Melarutkan benda-benda tertentu.
6)      Volume air tetap
7)      Memberikan tekanan ke segala arah
8)      Mempunyai berat

4.      Sifat fisika Air
Tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau.
Memiliki 3 fasa yang berbeda : cair, gas, dan padat pada temperatur normal di bumi. Air di bumi selalu berinteraksi, berubah, dan bergerak.
Dapat menyerap sejumlah kalor karena memiliki kalor jenis yang tinggi.
Mempunyai tegangan permukaan yang sangat tinggi. Tegangan permukan tersebut berguna untuk gaya kapilaritas air.
Air adalah pelarut yang baik karena kepolarannya, konstanta dielektrik yang tinggi dan ukurannya yang kecil, terutama untuk senyawa ionik dan garam yang polar.
Air mempunyaititik didih yang tinggi.
5.      Sifat kimia Air
MolekulairberbentuksepertihurufVdisebabkankarena:
· Struktur geometrinya yang tetrahedral (109,50).
· Keberadaan pasangan elektron bebas pada atom oksigen.
· Bersifat polar karena adanya perbedaan muatan.
· Sebagai pelarut yang baik karena kepolarannya.
· Bersifat netral (pH=7 )dalam keadaan murni.
Dari materi diatas dapat kita ketahui bahwa manfaat air dalam kehidupan sehari-hari mencakup :
1.      Ditinjau dari segi kesehatan antara lain :
A.    Bermanfaat Membuat Tubuh lebih Bugar 
Air putih tidak hanya berfungsi untuk kebersihan tubuh. Misalnya untuk mandi saja. Akan tetapi air putih juga bermanfaat sebagai zat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Manusia akan lebih tahan tidak makan dalam beberapa hari saja dari pada tidak minum. Ketika haus dan kemudian minum maka kebugaran akan kembali normal seperti sedia kala.
B.     Bermanfaat Untuk Perawatan Kecantikan
Bila anda kekurangan minum air putih maka tubuh akan menyerap air yang ada di dalam kulit. Maka akibatnya air akan kering dan berkerut. Air juga bermanfaat untuk melembabkan dan menyehatkan kulit. Jika anda rutin minum air putih setiap hari maka kulit anda akan tetap segar dan cantik. Para wanita yang ingin cantik alami, jangan lupakan rutin minum air putih setiap hari.

C.     Bermanfaat Mencegah Penyakit Berbahaya.
Jika rajin minum air putih maka anda akan terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya seperti kanker, penyakit batu ginjal dan juga hati. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.
D.    Bermanfaat Sebagai obat stroke
Ini khusus air putih yang dipanaskan. Bahwa air panas tidak hanya dipergunakan untuk mengobati penyakit yang terjadi pada kulit. Ternyata air panas juga efektif untuk mengobati lumpuh seperti karena stroke. Karena apa ? Karena air panas mampu membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen. Juga air panas mampu memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernafasan. Adanya Efek panas menimbulkan efek pelebaran pembuluh darah ,meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan sehingga mencegah kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri serta menenangkan pikiran.
E.     Bermanfaat Menyehatkan Jantung
Air putih juga dipercaya bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit rematik, jantung, penaykit kewanitaan, dan juga bisa menyembuhkan kerusakan kulit. Bahkan anda bisa lihat di beberapa kota saat ini banyak kita temukan pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
F.      Bermanfaat Memberikan Efek Relaksasi
Air putih bisa memberikan efek relaks / santai bagi tubuh. Anda bisa mencoba dengan berdiri di bawah sebuah pancuran atau shower. Air yang memancur dan jatuh ke tubuh anda akan terasa seperti pijatan yang mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Beberapa pakar yang bergerak di bidang pengobatan alternatif menyebutkan bahwa bersentuhan dengan pancuran air atau air mancur akan memdapatkan khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit dan menetralkan racun. serta juga membantu menyerap dan memanfaatkan oksigen.
G.    Bermanfaat Memperlancar sistem percernaan
Minum air putih cukup secara rutin setiap hari bermanfaat memperlancar sistem pencernaan anda. Jika sistem pencernaan lancar maka anda akan terhindar dari problem-problem pencernaan sepertu sakit maag dan sembelit. Untuk membantu pembakaran kalori dalam tubuh juga akan efisien.
H.    Bermanfaat Menguruskan badan
Air putih juga bermanfaat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan keluar lewat kencing/urine. Untuk anda yang ingin meiliki badan kurus, lakukan cara ini. Minum air hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang). Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi kita tahu air tidak mengandung gula, lemak dan kalori. Ingin mempunyai bentuk tubuh yang kurus? Ngapain repot ! Minum saja air putih secara rutin.
I.       Bermanfaat Untuk kesuburan
Air putih bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon testoteron bagi pria serta hormon estrogen bagi wanita. Ada sebuah penelitian di lembaga riset trombosis di inggris menemukan bahwa peredaran darah seseorang akan lancar dan tubuhnya menjadi lebih bugar dan segar jika seseorang selalu mandi dengan air dingin. Mandi dengan air dingin akan bermanfaat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta juga bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang terhadap serangan virus. Di samping itu bermanfaat menjadikan jaringan kulit membaik dan kuku akan lebih sehat dan kuat tak mudah retak .
2.      Manfaat yang lain bisa dilihat sebagai berikut :
·   Keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
·   Keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
·   Keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
·   Keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
·   Keperluan pertanian dan peternakan
·   Keperluan pelayaran dan lain sebagainya
Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan.




Kardiwarman, Ph.D.,dkk.2003.Fisika Dasar I. Jakarta: Universitas Terbuka
Darmodjo, Hendro. 1992Pendidikan IPA1Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar