PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Kamis, 26 September 2019

Faktor-Faktor terjadinya Hubungan Sosial

Faktor hubungan social terbagi atas 2, yaitu factor pendorong dan factor penghambat.
1.    Faktor Pendorong
a)   Faktor Sosial
Sebagai mahluk social, seseorang tidak mungkin dapat hidup sendiri.

b)   Faktor Ekonomi
Jika kita ingin menjahit baju tapi kita tdk memiliki keahlian menjahit baju tentu saja yg kita lakukan adalah meminta penjahit untuk menjahitkan baju kita. Ini menunjukkan factor ekonomi dapat mendorong terjadinya hubungan social.

c)    Faktor Pendidikan
Pada dasarnya, setiap orang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian tertentu. Untuk memenuhi hal itu, orang-orang memerlukan guru untuk mengajar, mendidik, dan melatihnya. Ini membuktikan bahwa factor pendidikan mendorong terjadinya hubungan social.

Hambatan Antropologis
Hambatan antropologis berkaitan dengan perbedaan ras atau suku bangsa. Hal ini disebabkan mereka tidak mengerti kebudayaan bangsa lain.

Hambatan Psikologis
Hambatan psikologis berkaitan dengan proses-proses kejiwaan atau mental baik normal maupun abnormal, yg mempengaruhi tingkah laku. Misal tatkala orang sedeih sangat sulit untuk kita melakukan hubungan social dengannya.

Hambatan Ekologis
Hambatan ekologis berkaitan dengan hubungan timbal balik antara lingkungan dan hubungan manusia. Hambatan ekologis berarti terjadinya gangguan lingkungan terhadap berlangsungnya hubungan social.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar