(RPP)
Sekolah : ……………………………...
Kelas/Semester :
1 / 1 (Ganjil)
Tema : Diriku
Subtema : Aku dan Teman Baru
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi
Waktu : 6 x 35 menit (1 kali pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Mengenal kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan
dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
3.9.1
Menunjukkan kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
|
4.9
Menggunakan kosa kata dan ungkapan
yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat
tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
|
4.9.1
Menggunakan kosa kata dan ungkapan
perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat
|
PPKn
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
|
3.2.4
Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di
rumah
|
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah
|
4.2.4
Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah
|
SBDB
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami elemen musik
melalui lagu
|
3.2.1
Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
|
Karakter : Disiplin, Kerjasama, syukur
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2. Melalui
permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara
teman.
3. Saat
bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4. Setelah
selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama
teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
5. Dengan
berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan
di rumah dengan memberi slam pada orang tua saat ke luar rumah.
D.
Materi Pembelajaran.
Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia,
gambar tentang organ gerak hewan dan manusia
E. Metode Pembelajaran
Metode Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, Cooperative
Learning, demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran:Saintifik
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa.
2.
Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah
seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu
dating paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
3.
Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap
disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita.
4.
Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila. Guru
memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.
Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan
kebersihan kelas
6.
Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang
tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.
Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya
sikap disiplin, kerjasama, dan mandiri
yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.
8.
Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru
menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , dll).
Sebelum
membacakan buku, guru menjelaskan
tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikanpertanyaan-pertanyaan
berikut:
-
apa
yang tergambar pada sampul buku?
-
apa
judul buku?
-
kira-kira
buku ini menceritakan apa?
-
pernahkah
kamu membaca judul seperti itu?
-
apa
saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
· Guru membacakan
cerita pada buku dan menunjukkan
ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
· Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan
kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
9.
Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan Lagu
Aku Seorang Kapiten. Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu
harus di capai dengan kerja keras.
|
30 menit
|
Kegiatan inti
|
1.
Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
2.
Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan
seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
3.
Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui
sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa
diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru
mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
4.
Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri,
“Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian,
melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari
dengan keras)
5.
Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama
lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain.
Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan
panggilannya.
6.
Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan
diri.
7.
Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak
siswa untuk
8.
bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing.
Guru
9.
menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.
1 2 l 3 . l 3 4 l 5 . l
Sia pa kah na ma mu
5 4 l 3 . l 3 3 l 1 . ll
Na ma ku Si ti (sebutkan namamu)
10.
Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan
cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa,
lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan
kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya,
lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu
seterusnya.
11.
Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta
siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
12.
Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa
mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah
mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
13.
Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara
memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.
|
150 Menit
|
Penutup
|
1.
Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal.
Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan
penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
2.
Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru
menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu
“Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa
namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan
nama masing-masing hingga selesai.
3.
Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
4.
Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam
kepada guru saat pulang.
|
15 Menit
|
G. Penilaian
1.
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2.
Penilaian pengetahuan
-
Tes lisan tentang nama-nama teman di
kelas (guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)
3.
Penilaian keterampilan:
Penilaian
Unjuk Kerja
Memperkenalkan
diri lewat permainan dan nyanyian
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Pendampingan
1
|
1. Kemampuan
memperkenalkan diri
|
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
|
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
|
Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan
|
Siswa belum mampu mem- perkenalkan diri
|
2. Kemampuan
menjalankan peraturan pada
permainan
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai dengan
instruksi tanpa pengarahan ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai aturan tetapi dengan
1 kali arahan
ulang
|
Siswa mampu melakukan permainan
sesuai aturan, tetapi dengan lebih
dari
1 kali arahan ulang
|
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai
dengan aturan
|
3. Kemampuan
melakukan gerakan melempar dan menangkap
|
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah
meleset)
|
Siswa melempar dan
menangkap bola, tetapi 1-2
kali meleset
|
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi
lebih
dari 3 kali meleset
|
Siswa belum mampu melempar
dan menangkap bola
|
Bagi Teman-Teman Yang Berminat Memiliki Filenya, Lengkap Dengan Kisi-Kisi. Mulai Kelas 1 s/d VI Silahkan Hubungi Kami.
No. WA : 082349776764
Tidak ada komentar:
Posting Komentar