PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Kamis, 26 September 2019

RPP KLS 1 SEMESTER 1 & 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                                    Sekolah                       :           ……………………………...                                    
                                    Kelas/Semester          :           1 / 1 (Ganjil)
                                    Tema                          :           Diriku
                                    Subtema                     :           Aku dan Teman Baru
                                    Pembelajaran ke       :           1
                                    Alokasi Waktu           :           6 x 35 menit (1 kali pertemuan)


A.      Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2       Mengenal kosa kata dan ungkapan perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
3.9.1    Menunjukkan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat

4.9       Menggunakan kosa kata dan ungkapan yang tepat untuk perkenalan diri, keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara sederhana dalam bentuk lisan dan tulisan
4.9.1 Menggunakan kosa kata dan ungkapan perkenalan diri lisan atau tulis dengan tepat

PPKn

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Memahami aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.4 Menggali informasi hal-hal yang harus dilakukan sehubungan dengan aturan di rumah
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatan memberi salam saat keluar rumah

SBDB

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3.2 Memahami elemen musik melalui lagu

3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia
Karakter  : Disiplin, Kerjasama, syukur

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut nama panggilan.
2.      Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengar perbedaan warna suara teman.
3.      Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4.      Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
5.      Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi slam pada orang tua saat ke luar rumah.

D.    Materi Pembelajaran.
Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia, gambar tentang organ gerak hewan dan manusia

E.     Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning, demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran:Saintifik


F.     Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.      Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
2.      Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah siswa yang hari itu dating paling awal ( Menghargai kedisiplinan siswa )
3.      Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita – cita.
4.      Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5.      Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas
6.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
7.      Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, dan mandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran.

8.      Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia ( Misal : Ibnu Sina, Isaac Newton , dll).

Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikanpertanyaan-pertanyaan berikut:
-       apa yang tergambar pada sampul buku?
-       apa judul buku?
-       kira-kira buku ini menceritakan apa?
-       pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-       apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
· Guru  membacakan cerita pada buku dan  menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
· Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
9.      Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan Lagu Aku Seorang Kapiten. Berikan penguatan bahwa cita – cita, apapun itu harus di capai dengan kerja keras.

30 menit
Kegiatan inti

1.      Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.
2.      Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
3.      Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
4.      Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
5.      Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.
6.    Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
7.      Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk
8.      bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Guru
9.      menggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.
1 2 l 3 . l 3 4 l 5 . l
Sia pa kah na ma mu
5 4 l 3 . l 3 3 l 1 . ll
Na ma ku Si ti (sebutkan namamu)
10.  Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.
11.  Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.
12.  Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.
13.  Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untuk mengingat nama teman-teman di kelas.

150 Menit
Penutup
1.      Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
2.      Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai.
3.      Guru memberi salam penutup. Siswa boleh pulang.
4.    Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada guru saat pulang.
15 Menit

G.    Penilaian

1. Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
2. Penilaian pengetahuan
-      Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas (guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)
3. Penilaian keterampilan:
Penilaian Unjuk Kerja
Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian




Kriteria



Baik sekali
4



Baik
3



Cukup
2



Perlu
Pendampingan
1

1.   Kemampuan memperkenalkan diri

Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan

Siswa mampu menyebutkan nama panjang

Siswa hanya mampu menyebutkan nama panggilan

Siswa belum mampu mem- perkenalkan diri

2.   Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan

Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang

Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan
1 kali arahan ulang

Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih  dari  1 kali arahan ulang

Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan

3.   Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap

Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)

Siswa melempar dan menangkap bola,  tetapi 1-2 kali meleset

Siswa melempar dan menangkap bola,  tetapi
lebih  dari  3 kali meleset

Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola


Bagi Teman-Teman Yang Berminat Memiliki Filenya, Lengkap Dengan Kisi-Kisi. Mulai Kelas 1 s/d VI Silahkan Hubungi Kami.
No. WA : 082349776764

Tidak ada komentar:

Posting Komentar