RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ………………………
Kelas / Semester : 2 /1
Tema : Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema : Hidup Rukun di Rumah (Sub
Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks
cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
3.1.1 Membedakan ungkapan,
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
4.1
|
Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu
anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 Mempraktikkan ungkapan, ajakan,
perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang
santun
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Menjelaskan
makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat
dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
|
3.1.1 Memahami makna
bilangan cacah.
3.1.2 Menyebutkan kumpulan objek
dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
|
4.1
|
Membaca dan
menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan
menggunakan model konkret
|
1.1.1
Membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan
tepat.
|
Muatan : SBDP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
|
Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
|
3.2.1 Mengetahui panjang pendek bunyi
pada lagu anak
|
4.2
|
Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
|
4.2.1 menampilkan
panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
|
C. TUJUAN
- Dengan
diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa
dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan
tepat.
- Dengan
diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan,
siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan
tersebut dengan tepat.
- Dengan
diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan
objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
- Dengan
diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang
bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
- Dengan
diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu
anak dengan tepat.
- Dengan
diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada
lagu anak dengan tepat.
D. MATERI
- Teks bacaan yang di dalamnya terdapat
kalimat ungkapan.
- Cara membaca banyak kubus sesuai
dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
- Menyanyikan lagu Peramah dan Sopan.
- Berlatih menyatakan bilangan cacah
menggunakan gambar alat peraga kubus.
- Pemahaman mengenai bilangan cacah
sampai 999.
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
·
Apa yang tergambar pada sampul buku.
·
Apa judul buku
·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa
·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini
|
15 menit
|
Inti
|
Ayo Mengamati
Ø Siswa menyimak teks cerita pada Buku
Siswa yang dibacakan guru.
Ø Siswa memperhatikan ungkapan yang ada
pada teks bacaan.
Ø Ketika guru membaca teks, hendaknya guru
memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan.
Ø Contoh ungkapan pada teks tersebut
adalah buah tangan dan buah hati.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat
pada teks cerita.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru
mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan dan arti
ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
Ayo Berlatih
Ø Siswa membaca kalimat yang terdapat pada
teks percakapan.
Ø Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat
pada kalimat tersebut.
Ø Siswa bersama dengan teman di sebelahnya
melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku.
Ø Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun
kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya.
Ayo Bermain
Peran
Ø Siswa memperagakan percakapan yang sudah
dibuatnya, bergantian dengan teman sebangkunya. Guru dapat mengamati
kemampuan siswa dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik Penilaian 1 untuk KD
Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga
dapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya.
Ayo Berlatih
Ø Siswa mengamati gambar rak buku yang ada
di Buku Siswa. Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk
menghitung buku yang banyaknya ratusan.
Ø Siswa dimulai pemahamannya dengan
mengamati pengelompokan buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di
bagian lain. Dengan cara seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan
bahwa 5 puluhan sama dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.
Ayo Mengamati
Ø Kemudian siswa mengamati gambar kelompok
10 kubus dan kelompok 100 kubus.
Ø Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus,
tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.
Ø Siswa mendengarkan penjelasan guru cara
membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Ayo Berlatih
Ø Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah
menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing
baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai
bilangan tiga angka.
Ø Siswa mengerjakan soal tentang bilangan
cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.
Ø Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru
mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik
Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap
dituliskan di dalam jurnal.
Ayo
Bernyanyi
Ø Siswa menyimak guru menyanyikan
lagu Peramah dan Sopan. Siswa
diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek.
Ayo Berlatih
Ø Siswa bersama-sama menyanyikan lagu
Peramah dan Sopan bersama-sama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
Ø Siswa berlatih menandai bagian-bagian
lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek.
Ø Siswa dibimbing guru untuk memahami
panjang pendek bunyi. Notasi
lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang pendek bunyi.
Ø Siswa mengamati guru ketika memberikan
contoh menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan
notasinya.
Ø Guru mengamati kemampuan siswa dalam
menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2).
Sikap yang diamati adalah percaya diri.
Kegiatan
Bersama Orang Tua
Ø Pemahaman mengenai bilangan cacah sampai
999 dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua. Bilangan cacah
sampai 999 dapat ditemui pada barang-barang di sekitar rumah, misalnya pada
kemasan makanan, nomor rumah, halaman buku, dan lain-lain.
Ø Orang tua membantu siswa menyebut
bilangan-bilangan yang ada di sekitar rumah.
|
140
menit
|
Penutup
|
1. Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3. Siswa
diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi
dari siswa lainnya.
4.
Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk
menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a penutup di pimpin oleh
salah satu siswa.
|
15 menit
|
G. PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru
untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil
penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
1. Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Sikap: Lembar Observasi
b.
Penilaian Pengetahuan: Tes
c.
Penilaian Keterampilan: Unjuk Kerja
2. Bentuk
Instrumen Penilaian
a. Sikap
Sikap siswa yang muncul ketika proses
pembelajaran.
Contoh Format Jurnal untuk Penilaian Sikap
b.
Pengetahuan dan Keterampilan
Contoh
Rubrik:
1) Bahasa
Indonesia
Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam
teks (KD 3.1 dan 4.1)
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah
percaya diri.
2) Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD
3.1 dan 4.1)
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah
teliti.
3) SBdP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi
pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah
percaya diri.
Catatan: Rubrik penilaian ini sebagai panduan
guru untuk mengamati kemampuan siswa. Tidak harus setiap hari nilai dicatat
dalam daftar nilai. Guru menggunakan hasil penilaiaan sebagai pedoman untuk
memahamkan siswa tentang materi yang sedang dipelajari.
H. REMEDIAL DAN PENGAYAAN
- Remedial
1. Guru membimbing
siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca denganlancar karena akan
berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
2. Guru membimbing
siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan
simbol.
3. Guru membahas
kembali materi tentang pembacaan dan penyajian lambang bilangan sampai 999.
- Pengayaan
1. Guru memberikan
tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat dalam teks
hidup rukun.
2. Guru memberikan
soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal
latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga angka.
3. Guru memberikan
latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada
pada lagu menggunakan simbol.
I. SUMBER DAN
MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·
Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
·
Software
Pengajaran SD/MI untuk kelas 2 semester 1 dari JGC/SCI Media.
·
Video/slide/gambar
tentang Hidup rukun.
·
Gambar kerukunan keluarga di rumah
·
Teks lagu “Peramah dan Sopan”
Refleksi Guru
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala ................................
.............................................
|
.................., - -2019
Guru Kelas
....................................
|
Bagi Teman-Teman Yang Berminat Memiliki Filenya, Lengkap Dengan Kisi-Kisi. Mulai Kelas 1 s/d VI Silahkan Hubungi Kami.
No. WA : 082349776764
No. WA : 082349776764
Tidak ada komentar:
Posting Komentar