RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : .................................................
Kelas / Semester : III (Tiga) / 1
Tema 1 :
Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup
Sub
Tema 1 : Ciri-Ciri
Makhluk Hidup
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
Hari
/ Tgl Pelaksanaan : ..................... /
........................
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI
1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI
2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI
3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI
4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.4 Mencermati kosakata dalam teks tentang konsep
ciri-ciri, kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan
perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat yang disajikan
dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
|
3.4.1 Menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk hidup.
|
2
|
4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri,
kebutuhan (makanan dan tempat hidup), pertumbuhan, dan perkembangan makhluk
hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata
baku dalam kalimat efektif.
|
4.4.1 Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.
|
Matematika
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.1 Menjelaskan sifat-sifat operasi hitung pada
bilangan cacah.
|
3.1.1 Membilang secara urut
bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.
3.1.2 Membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000.
|
2
|
4.1 Menyelesaikan masalah yang melibatkan
penggunaan sifat-sifat operasi hitung pada bilangan cacah.
|
4.1.1 Membilang dan menuliskan bilangan 1.000 sampai 10.000 secara
panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan, dan satuan).
|
SBdP
NO
|
KOMPETENSI
DASAR (KD)
|
INDIKATOR
|
1
|
3.2 Mengetahui bentuk dan variasi pola irama dalam
lagu.
|
3.2.1 Mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana.
|
2
|
4.2 Menampilkan bentuk dan variasi irama melalui
lagu.
|
4.2.1 Memeragakan pola irama sederhana.
4.2.2 Membuat pola irama sederhana.
|
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati, siswa dapat mengidentifikasi bentuk pola irama sederhana
dengan benar.
2. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana dengan
percaya diri.
3. Setelah mengamati, siswa dapat membuat pola irama sederhana dengan benar.
4. Setelah mengamati, siswa dapat memeragakan pola irama sederhana yang sudah
dibuat dengan percaya diri.
5. Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan minimal 4 ciri-ciri makhluk
hidup dengan tepat.
6. Setelah kegiatan membandingkan gambar, siswa dapat menyimpulkan ciri-ciri
makhluk hidup dengan tepat.
7. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat
membilang secara urut bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
8. Setelah bermain mencari pasangan nama dan lambang bilangan, siswa dapat
membilang secara loncat bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
9. Setelah mengamati contoh, siswa dapat membilang dan menuliskan bilangan
1.000 sampai 10.000 secara panjang (sepuluh ribuan, ribuan, ratusan, puluhan,
dan satuan) dengan benar.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
D. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
¡ Siswa berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
dipimpin oleh salah satu siswa. Religius
¡ Menyanyikan
lagu “Indonesia Raya” bersama-sama. dilanjutkan lagu Nasional “Tanah Airku”. Nasionalis
¡ Guru menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan.
¡ Pembiasaan
Membaca 15 menit. Literasi
¡ Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
¡ Guru melakukan apersepsi dengan bermain tebak hewan atau bercerita
pengalaman pergi ke kebun binatang untuk mengawali pembahasan tentang
ciriciri makhluk hidup.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa dikenalkan dengan lagu Cicak di Dinding.
§ Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup yang ada pada teks lagu. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Siswa mengamati guru menyanyikan lagu Cicak di Dinding.
§
§
§
§ Misalnya : ci-cak-ci-cak-di-din-diiing.
§ Siswa berlatih menyanyi secara bergantian.
§ Guru menyampaikan bahwa lagu Cicak di Dinding termasuk lagu yang memiliki
pola irama sederhana. Karena pola lagu di setiap baris hampir sama.
§ Siswa diminta mengamati baris lagu yang memiliki pola sama dan pola yang
berbeda.
§ Siswa berlatih menuliskan pola menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi
pendek.
§ Buat pola dengan berbagai macam variasi.
§ Lalu siswa berlatih menyanyikan pola yang sudah dibuat dengan suara ta
(pendek) dan taaa (suara panjang). Creativity and Innovation
§ Siswa mencoba menyanyikan lagu dengan pola yang sama setiap barisnya
(panjang semua atau pendek semua)
§ Siswa menyampaikan perasaannya jika semua bunyi pada lagu sama.
§ Adanya berbagai variasi pola bunyi lagu membuat lagu terdengar lebih
asyik tidak membosankan.
§ Siswa mengamati gambar.
§ Siswa mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan gambar. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan yang disampaikan guru mengenai
ciri-ciri makhluk hidup.
§ Siswa menuliskan ciri-ciri nyamuk dan ikan yang ada pada gambar. Mandiri
§ Gambar cicak:
§ Cicak hidup di darat
§ Cicak bergerak merayap di dinding
§ Cicak makan nyamuk
§ Cicak suka memutuskan ekornya
§ Gambar ikan di aquarium
» Ikan hidup
di air.
» Ikan
bergerak berenang menggunakan sirip.
» Dan
lain-lain.
§ Kesimpulannya ikan dan cicak sama-sama makhluk hidup. Ciri-ciri makhluk
hidup dari kedua hewan tersebut adalah bergerak, butuh makanan, dan
lain-lain.
§ Ciri-ciri makhluk hidup adalah bergerak, bernapas, tumbuh, berkembang
biak, memerlukan makanan dan air, peka terhadap rangsang.
§ Makhluk hidup dapat bergerak sehingga dapat berpindah tempat. Cara
bergerak makhluk hidup berbeda-beda. Manusia berjalan atau berlari
menggunakan kaki. Burung terbang menggunakan sayap. Ikan berenang menggunakan
sirip, dan lain-lain.
§ Makhluk hidup bernapas. Alat pernapasan makhluk hidup bermacam-macam.
§ Manusia bernapas dengan paru-paru. Ikan bernapas dengan insang. Serangga
bernapas dengan trakea. Tumbuhan bernapas dengan stomata.
§ Makhluk hidup tumbuh. Manusia ketika bayi tubuhnya kecil lalu
berangsur-angsur tumbuh menjadi besar. Begitupun hewan dan tumbuhan mengalami
pertumbuhan. Pertumbuhan adalah proses bertambahnya ukuran tubuh.
§ Makhluk hidup berkembang biak. Misalnya pada manusia, ibu melahirkan
bayi. Ini membuktikan manusia berkembang biak. Berkembang biak artinya
menghasilkan keturunan. Hewan pun berkembang biak. Ada hewan yang berkembang
biak dengan cara melahirkan dan bertelur. Begitupun tumbuhan juga berkembang
biak. Tujuan berkembangbiak adalah melestarikan jenisnya agar tidak punah.
§ Memerlukan makanan dan air. Setiap makhluk hidup memerlukan makanan dan
air. Karena kalau tidak makan dan minum, makhluk hidup akan mati.
§ Makhluk hidup memiliki ciri peka terhadap rangsangan. Rangsang adalah
sesuatu yang dapat memengaruhi kerja organ tubuh. Misalnya ketika melihat
sinar matahari, secara spontan kita akan menutup mata.
§ Membandingkan gambar cicak dan ikan mas. Keduanya sama-sama
berkembangbiak dengan cara bertelur. Ikan mas bertelur sampai dengan ribuan.
§ Siswa dikenalkan dengan nama dan lambang bilangan ribuan. Communication
§ Siswa berlatih mengurutkan bilangan, sesuai dengan kartu bilangan yang
dimiliki bersama 4 orang teman lainnya. Critical Thinking and Problem Solving
§ Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan 1.000 sampai dengan
10.000 yang ada pada buku.
|
150 menit
|
Penutup
|
¡ Guru dan siswa melakukan
refleksi mengenai kegiatan pembelajaran.
a.
Apa saja yang sudah dipelajari pada hari ini?
b.
Bagaimana perasaan setelah mencoba membuat pola nyanyian menggunakan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?
c.
Apa kegiatan yang paling disukai?
d.
Informasi apa yang ingin diketahui lebih lanjut?
e.
Bagaimana cara siswa mendapatkan informasi tersebut?
¡ Pertanyaan yang diajukan guru
dapat dijawab secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan siswa menuliskan
jawaban pertanyaan refleksi, sebaiknya siswa memiliki buku tulis khusus
untuk refleksi.
¡ Menyanyikan lagu daerah “Sinanggar Tulo”
¡ Kegiatan kelas diakhiri dengan
doa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing oleh
dipimpin oleh siswa yang diberi tugas. Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Buku Siswa Tema : Pertumbuhan
dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2018).
¡ Kartu nama dan
bilangan 1.000 sampai 10.000.
¡ Berbagai poster
pertumbuhan manusia, hewan, dan tanaman.
¡ Berbagai
aktivitas makhluk hidup.
¡ Teks lagu Cicak
atau jika memungkinkan alat audio agar siswa dapat mendengarkan langsung.
¡ Buku teks siswa
dan guru.
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menyanyi lagu yang memiliki pola irama sederhana.
§ Membaca pola irama sederhana pada lagu.
§ Membaca dan menjawab pertanyaan sesuai teks tentang ciri-ciri makhluk hidup.
§ Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
§ Menulis ciri-ciri makhluk hidup.
§ Menulis nama dan lambang bilangan.
§ Mengurutkan bilangan.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡
Pendekatan : Saintifik
¡
Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Penilaian
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan
tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
||||||||||||
2
|
...................
|
||||||||||||
3
|
……………..
|
||||||||||||
dst
|
……………..
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
2. Pengetahuan: tes tertulis
a.
Membuat pola irama
menggunakan simbol bunyi panjang dan pendek.
Skor maksimal 100.
Skor setiap baris 25.
Nilai = Banyaknya pola/baris
× 25
Jawaban dapat beragam sesuai
imajinasi siswa.
Kunci jawaban/contoh pola
b.
Menyebutkan ciri-ciri
makhluk hidup minimal 4.
Skor maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban
benar : 4) × 100
Kunci jawaban.
Ciri-ciri makhluk hidup
diantaranya:
·
Membutuhkan makanan dan air
·
Bernafas
·
Berkembang biak
·
Bergerak
·
Peka terhadap rangsang
c.
Membilang secara urut dan
loncat serta mengurutkan bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 19.
Skor maksimal 100.
Nilai = (Banyaknya jawaban
benar : 19) × 100
Jawaban bagian 1 membilang
secara urut
1)
1.000, 2.000, 3.000, 4.000,
5.000
2)
1.500, 2.500, 3.500, 4.500
3)
2.000, 4.000, 6.000, 8.000,
10.000
Jawaban bagian II urutan
bilangan.
1)
1.250, 2.250, 3.250, 4.250,
5.250
2)
1.300, 2.300, 3.300, 4.300,
5.300
3)
1.100, 2.250, 3.050, 4.200,
5.400
d.
Membilang dan menulis
lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000
Banyaknya soal 8.
Nilai maksimal 100.
Nilai = (banyaknya jawaban
benar : 8) × 100
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Keterampilan siswa dalam
mengurutkan bilangan, menulis nama dan lambang dapat dilihat dari cara
siswa/strategi menyelesaikan soal mengurutkan bilangan, menulis nama dan
lambang bilangan.
b.
ubrik Menulis Ciri-Ciri Makhluk Hidup Berdasarkan
Gambar.
c.
Rubrik Kegiatan Bernyanyi
Mengetahui
Kepala .....................
..............................................
|
.................., - -2019
Guru Kelas
.....................................
|
No. WA : 082349776764
Tidak ada komentar:
Posting Komentar