PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Selasa, 22 Mei 2018

MAKALAH PERBEDAAN SISTEM POLITIK Di BERBAGAI NEGARA DENGAN INDONESIA

MAKALAH PERBEDAAN SISTEM POLITIK Di BERBAGAI NEGARA DENGAN INDONESIA

PENDAHULUAN

Sistem politik merupakan rangkaian dari variebel-variebel politik yang saling mengait sehingga membentuk satu kesatuan politik. Dalam ketatanegaraan, sistem politik terkait dengan tata cara pemerintahan, dasar pemerintahan, atau hak kekuasaan. Dalam setiap Negara tentu berbeda sitem Negara yang dianutnya.
Beberapa sistem politik di berbagai Negara adalah:
1.      Sistem politik liberal
2.      Sistem politik komunis
3.      Sistem presidensial
Mengenal sistem politik Indonesia sangat penting untuk meningkatkan kesadaran kita dalam berbangsa dan bernegara. Mari kita mulai dengan hal yang sangat mendasar untuk memahami sistem politik di Indonesia. Dimulai dengan definisi tentang sistem politik. Beberapa definisi mengenai sistem politik, salah satunya adalah Almond menyatakan sistem politik adalah hubungan timbal balik/interaksi dalam masyarakat merdeka yang menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Selanjutnya Rober A. Dahl, mendefinisikan sistem politik sebagai pola tetap dari berbagai hubungan antara manusia yang melibatkan tingkat, control, pengaruh, kekuasaan, ataupun wewenang tertentu.
Menurut Drs. Sukarno, sistem politik adalah prinsip yang membentuk kesatuan hubungan untuk mengatur pemerintahan serta melaksanakan dan mempertahankan kekuasaan dengan cara mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau dengan Negara dan hubungan Negara dengan Negara. Berikutnya Rusadi Kartaprawira berpendapat bahwa sistem politik adalah cara kerja seperangkat fungsi atau peranan dalam struktur politik yang berhubungan satu sama lain dan menunjukkan suatu proses yang terus-menerus.
Dari seluruh uraian yang sudah dijelaskan dapat diambil garis lurus bahwa sistem politik selalu berkaitan dengan berbagai macam kegiatan dan proses dari struktur dan fungsi yang bekerja dalam suatu unit atau kesatuan (masyarakat/negara).
Sistem politik negara sebagai pusat tentunya memiliki berbagai sub sistem antara lain sistem kepartaian, sistem pemilihan umum, sistem budaya politik dan sistem 

Bagi Teman-Teman Yang Ingin File Lengkapnya Silahkan Download Pada Link Di Bawah Ini
Add caption

Tidak ada komentar:

Posting Komentar