PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Sabtu, 26 Mei 2018

RPP PAI KLS 1 SEMESTER 1 KURIKULUM 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


                                    Sekolah                    :           SD NEGERI 09 ULO       
                                    Kelas/Semester    :           I / 1 (Satu)
                                    Tema                                    :           Kasih Sayang
                                    Subtema                  :           Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
                                    Pembelajaran ke  :           1
                                    Alokasi Waktu      :          
 


A.      Kompetensi Inti (KI)

1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam  bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.      Kompetensi Dasar
1.17  Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17 Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17        Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17        Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.17.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17.1 Menunjukkan sikap kasih sayang.
3.17.1 Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17.2 Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17.1 Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17.2 Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw.

D.     Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah membaca kisah Nabi Muhammad saw , siswa dapat mendiskusikan isi dan amanat kisah Nabi Muhammad saw yang disajikan secara lisan.
2.   Siswa dapat menyimpulkan isi dan amanat kisah Nabi Muhammad saw yang disajikan secara tertulis dengan tepat.
3.   Siswa dapat menjelaskan isi amanat kisah nabi Muhammad saw yang disajikan swcara tertulis maupun lisan
4.   Siswa dapat menceritakan isi kisah kasih sayang nabi Muhammad saw dengan benar       

E.      Materi Pembelajaran.
Kasih Sayang Allah Swt.

F.      Metode Pembelajaran

Metode Pembelajaran: Tanya jawab, diskusi, Cooperative Learning, demonstrasi.
Pendekatan Pembelajaran:Saintifik

G.     Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan

1.      Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
2.      Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
3.      Guru menyapa  peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu berupa ilustrasi
6.      gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
7.      Guru dapat memanfaatkan model/strategi/metode pembelajaran yang digunakan  di antaranya  (1) ceramah  interaktif  (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting, artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing- masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.

8.      Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah kasih sayang nabi Muhammad saw

Sebelum membacakan buku, guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikanpertanyaan-pertanyaan berikut:
-       apa yang tergambar pada sampul buku?
-       apa judul buku?
-       kira-kira buku ini menceritakan apa?
-       pernahkah kamu membaca judul seperti itu?
-       apa saja yang kamu ingin ketahui dari buku ini?
·      Guru  membacakan cerita pada buku dan  menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
·      Setelah guru membacakan buku, siswa diminta menuliskan kesimpulan / ringkasan cerita pada selembar kertas berwarna.
9.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

30 menit
Kegiatan inti

1.             Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks.
2.             Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
3.             Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
4.             Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri, anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih).
5.             Guru menyampaikan kisah singkat kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
6.             Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan
7.             “Aku cinta Rasulullah”.
8.             Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat.
9.             Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan dengan teman
10.        sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut.
11.         elanjutnya peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut (kasih sayang seorang teman terhadap teman lainnya).
12.         Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk
13.         memberikan tanda (ΓΌ) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.

60 menit
Penutup
1.          Siswa bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung ;
· Apa saja yang telah dipahami siswa?
· Apa yang belum dipahami siswa?
· Bagaimana perasaan selama pembelajaran?.
2.        Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
3.        Siswa menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
4.        Siswa menyimak cerita motivasi tentang pentingnya sikap Disiplin, kerjasama, dan syukur
5.        Siswa menyanyikan lagu ‘Nasional’
6.        Siswa melakukan operasi semut untuk menjaga kebersihan kelas.
7.         Kelas ditutup dengan doa bersama dipimpin salah seorang siswa.
15 Menit

H.   Penilaian

Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo kerjakan”.

No
Aspek
Nilai
1
2
3
4
1
Penguasaan materi




2
Penguasaan nilai-nilai




3
Keaktifan




4
Kesantunan





Catatan :
*4 =  Sangat Baik                        3 =  Baik
2 =  Sedang                                1 =  Kurang baik
Rentang Skor  = Skor Maksimal–Skor Minimal
= 16-4
= 12/4
= 3
MK                    = 14-16
MB                    = 11-13
MT                    = 7-10
BT                     = 4-6

Keterangan:
BT       : Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT    : Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB     : Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK     : Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara  konsisten).
Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Mengetahui,
Kepala SD Negeri 09 ULO




H. AMRI, S.Pd
NIP. 19600305 198203 1 020

ULO,        -            - 2017
Guru Mapel PAI.




SUMIATI, S.Pd.I
NIP. 19730628 200701 2 011



BILA ANDA INGIN FILE LENGKAP RPP PAI KURIKULUM 2013 SILAHKAN ANDA HUBUNGI KAMI PADA NOMOR YANG TERTERA

NO. HP. 085255860957

Tidak ada komentar:

Posting Komentar