RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IX/1
Standar Kompetensi : 6.
Mengungkapkan kembali cerpen dan puisi dalam bentuk lain.
Kopetensi Dasar : 6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen.
Indikator : (1) Siswa
mampu menentukan bagian-bagian cerpen dengan panduan tahap-tahap dalam alur;
(2) Siswa mampu menceritakan kembali secara lisan
isi cerpen sesuai dengan alur aslinya.
Indikator
Karakter : Berfikir logis, kritis, kreatif dan
inovatif, percaya diri, ingin tahu.
Indikator
Keterampilan Sosial : Bertanggung
Jawab, Santun, Nasionalis.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
1. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
menceritakan kembali isi cerpen sesuai dengan alur aslinya
2. Materi
Pembelajaran
a.
Unsur intrinsik cerpen;
b.
Membaca cerpen dengan apresiasi dan improvisasi.
3. Metode
Pembelajaran
a.
Pemodelan
b.
Inkuiri
c. Demonstrasi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan awal
1)
Siswa mendengarkan pemodelan membaca cerpen
2)
Siswa membaca cerpen
b.
Kegiatan inti
Guru dalam melaksanakan
kegiatan Eksplorasi
1)
Siswa mengidentifikasi pengalaman masing-masing
Guru dalam melaksanakan kegiatan Elaborasi
2)
Siswa mendiskusikan isi cerpen mengapresiasi dan
mengalisis alur cerpen;
3)
Siswa membacakan isi cerpen berdasarkan apresiasi
improvisasi dan berdasarkan alur asli cerpennya;
Guru dalam melaksanakan kegiatan Konfirmasi
4)
Siswa dan guru menyepakati format penilaian bercerita.
c.
Kegiatan Akhir
1). Siswa dan guru melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan
awal
1) Siswa dan guru bertanya jawab
tentang kegiatan yang lalu
b. Kegiatan
inti
Guru dalam melaksanakan
kegiatan Eksplorasi
1)
Siswa membacakan hasil diskusi dengan kelompoknya
Guru dalam melaksanakan kegiatan Elaborasi
2)
Kelompok lain memberikan penilaian pekejaan kelompok
lain
Guru dalam melaksanakan kegiatan Konfirmasi
3)
Tanya Jawab
c. Kegiatan
akhir
1) Siswa dan guru melakukan
refleksi
5. Sumber
belajar
a. buku
teks
b. media
cetak
c. perpustakaan
6.
Penilaian
a.
Teknik :
tes unjuk kerja
b.
Bentuk isntrumens :
uji petik kerja prosedur dan produk
c. Soal/instrumen :
…
1.
Tentukan alur cerpen yang telah dibaca oleh temanmu
Pedoman
Penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
|
Siswa menuliskan alur dalam cerpen yang dibacakan
Siswa tidak menuliskan alur dari cerpen yang dibacakan
|
2
0
|
2.
Tentukan isi cerpen yang dibacakan oleh kelompok lain
Pedoman
Penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
|
Siswa menuliskan isi dalam cerpen yang dibacakan
Siswa tidak menuliskan isi dari cerpen yang dibacakan
|
2
0
|
Nilai akhir = Perolehan skor x skor ideal (100)
Skor maksimum (4)
....
, …………………..
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
………………. …………………..
NIP. NIP.
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
IX/2
Standar
Kompetensi : 10 Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam pidato dan diskusi
Kopetensi Dasar : 10.1 Berpidato/berceramah/berkhotbah
dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume suara yang jelas.
Indikator : (1) Siswa mampu
menyusun garis besar kerangka pidato/ceramah/khotbah
(2)
Siswa mampu berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan
artikulasi serta volume suara yang jelas
Indikator
Karakter : Berfikir logis, kritis, kreatif dan
inovatif, percaya diri, ingin tahu.
Indikator
Keterampilan Sosial : Bertanggung
Jawab, Santun, Nasionalis.
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit (2 x pertemuan)
2. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat
berpidato/berceramah/berkhotbah dengan intonasi yang tepat dan artikulasi serta
volume suara yang jelas.
3. Materi
Pembelajaran
Cara
berpidato/berceramah/berkhotbah dan implementasinya :
a.
Menyusun kerangka pidato
b.
Intonasi
c.
Artikulasi
d. Volume
4. Metode
Pembelajaran
a.
Demonstrasi
b.
Pemodelan
c.
Observasi
d.
Diskusi
e. CTL
5. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan awal
1)
Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan menyusun
kerangka karangan,
2)
Siswa bertanya jawab tentang teks pidato yang sudah
diamati
b.
Kegiatan inti
Guru dalam melaksanakan
kegiatan Eksplorasi
1)
Siswa mendiskusikan tentang cara-cara menyusun garis
besar kerangka pidato/ceramah/khotbah dengan topik lain.
Guru dalam melaksanakan kegiatan Elaborasi
2)
Siswa mengidentifikasi topik yang akan dibuat untuk
menyusun kerangka pidato
Guru dalam melaksanakan kegiatan Konfirmasi
3)
Siswa mengembangkan kerangka pidato/ceramah/khotbah
yang telah dibuat.
c.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru
melakukan refleksi
Pertemuan Kedua
a.
Kegiatan awal
1.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang kegiatan menyusun
kerangka karangan pidato pada pertemuan sebelumnya;
b.
Kegiatan inti
Guru dalam melaksanakan
kegiatan Eksplorasi
1.
Siswa berlatih pidato dengan artikulasi dan volume suara
yangjelas;
Guru dalam melaksanakan kegiatan Elaborasi
2.
Siswa satu persatu disuruh mendemonstrasikan teks
pidato yang sudah disusun pada pertemuan yang lalu;
3.
Siswa secara bergantian menilai temannya yang tampil
dan memberikan komentar
Guru dalam melaksanakan kegiatan Konfirmasi
4.
siswa dan guru menentukan tiga anak yang dapat
berpidato paling baik.
c.
Kegiatan Akhir
1.
Siswa dan guru merangkum dan menyimpulkan cara-cara
menyusun kerangka pidato dan cara berpidato dengan artikulasi dan volume suara
yang jelas.
2.
Siswa dan guru melakukan refleksi
6.
Sumber Belajar
a.
VCD rekaman pidato
b.
Buku cara-cara berpidato
c.
Nara
sumber
7.
Penilaian
a. Teknik :
Tes unjuk kerja
b. Bentuk instrumen :
uji petik kerja produk dan produk
c. Soal/Instrumen :
..
1. Susunlah garis besar kerangka pidato dengan topik
tertentu!
Pedoman Penskoran
No
|
Kegiatan
|
Skor
|
1
2
3
|
Siswa menuliskan garis besar
kerangka pidato sesuai dengan topik yang dipilih.
Siswa menuliskan garis besar
kerngka pidato tidak sesuai topik
Siswa tidakmenulis garis besar
kerangka pidato
|
5
2
0
|
|
Jumlah skor
|
5
|
2. Bawakan pidato yang telah kamu susun dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang jelas!
Rubrik
Penilaian Berpidato
Berilah tanda cek (v) pada
kolom 1,2,3, atau 4 dengan ketentuan 1 = kurang, 2 = sedang, 3 = baik, 4 =
sangat baik
Nama
Siswa : ……………
Tanggal : ……………
Topik
pidato : ……………
No
|
Aspek
|
Deskripsi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
2
3
4
5
|
Intonasi dan jeda
Kesesuaian isi dengan topik
Pelafalan
Gerak dan mimik
Volume suara
|
Pengaturan jeda, tinggi rendah
nada, keras lemah suara, cepat-lambat
Isi pidato sesuai dengan topik
yang sudah ditentukan
Pelafalan kata secara jelas dan tapat
Keserasian antara ekspresi
wajah, gerak, sikap, dan ucapan
Keras lemahnya suara
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
No. 1) = 5
No. 2) = 10
No. 3) = 5
No. 4) = 2
No. 5) = 3
Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir = Perolehan
skor x skor ideal (100)
Skor maksimum (25)
………………………..
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
………………. …………………..
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar