PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Rabu, 09 Desember 2015

TESIS MONITORING DAN EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK)

MONITORING DAN EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


A.    LATAR BELAKANG

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pembangunan dan kualitas pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah mengembangkan kurikulum pendidikan nasional yaitu Kurikulum 2013 yang mulai diimplementasikann secara bertahap pada tahun 2013 di beberapa sekolah sasaran. Unit Kerja Menteri Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKM-PPP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan(BPSDMPK dan PMP) melalui Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) yang ada di setiap provinsi telah melakukan monitoring awal implementasi Kurikulum 2013 pada tahun 2013/2014. Untuk tahun ajaran 2014/2015, implementasi Kurikulum 2013 akan diterapkan di seluruh sekolah.
Untuk memastikan bahwa seluruh proses implementasi Kurikulum 2013 tahun ajaran 2014/2015 ini berjalan sesuai dengan arahan, petunjuk serta tujuan yang diharapkan maka UKM-PPP ditugaskan untuk melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses implementasi Kurikulum 2013. UKM-PPP bekerja sama dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui LPTK yang ada di setiap propinsi untuk melanjutkan program monitoring dan evaluasi implementasi Kurikulum 2013. Program yang akan berlangsung selama 1 tahun ini diharapkan akan menghasilkan data yang dapat digunakan sebagai dasar perbaikan proses implementasi kurikulum dan sebagai dasar pengambilan keputusan/kebijakan berikutnya untuk menjamin kebersinambungan implementasi Kurikulum 2013.
Secara umum tujuan program monitoring dan evaluasi proses implementasi kurikulum 2013 ini adalah untuk memastikan bahwa semua proses implementasi kurikulum berjalan sesuai dengan rencana. Beberapa tujuan yang lain adalah sebagai berikut:
a.    Untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi dan yang membutuhkan penanganan segera.
b.    Untuk mengetahui hasil dari semua proses implementasi kurikulum meliputi pengadaan buku, pelatihan, proses pembelajaran dan pendampingan.
c.    Untuk mengetahui dampak implementasi kurikulum 2013 terhadap siswa, guru dan pengelolaan sekolah .

B.    MAKSUD DAN TUJUAN

Kerangka Acuan Kerja ini merupakan petunjuk bagi LPTK dalam melaksanakan tugas sebagai bagian dalam program monitoring dan evaluasi implementasi kurikulum 2013. KAK memuat ruang lingkup, kriteria, keluaran dan proses yang harus dipenuhi dan diperhatikan dalam pelaksanaan tugas. Dengan penugasan ini diharapkan LPTK melaksanakan tanggungjawabnya dengan baik untuk menghasilkan keluaran yang memadai sesuai dengan Kerangka Acuan Kerja (KAK) ini.
LPTK diharapkan memberikan konstribusi dengan mengumpulkan informasi serta data monitoring dan evaluasi (monev) baik itu berupa data kualitatif serta data kuantitatif terkait proses implementasi kurikulum 2013 yang ada di setiap propinsi. Tujuan dari pengumpulan data monev adalah mengumpulkan data yang relevan dengan indikator proses implementasi kurikulum yang akan sangat membantu proses monitoring, pelaksanaan

DOWNLOAD FILE LENGKAP...

MONITORING DAN EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar