( RPP )
Nama Sekolah : SD
NEGERI TILLE
Mata Pelajaran : Pendidikan
Agama Islam
Kelas / Semester : I / 1
Standar Kompetensi : 1. Menghafal surah pendek pilihan dalam
Alquran
Kompetensi Dasar : 1.1 Melafalkan QS Al Fatihah dengan lancar
Alokasi Waktu : 3 x
35 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran** :
1.
Siswa
dapat melafalkan surah Al fatihah dengan lancar dan benar dengan
rasa hormat dan perhatian ( respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) , Rasa hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility
), Berani ( courage ), Ketulusan
(Honesty ), Integritas ( integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ),
Materi Pembelajaran :
1.
Materi
tentang melafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar
Metode Pembelajaran :
1.
Siswa
melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal, kelompok dan Individu
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi :
F Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi
Motivasi :
F memberikan informasi tentang tujuan mempelajari
ketentuan-ketentuan bahan ajar surah Al Fatihah
dan isi kandungannya serta keistimewaannya (melalui Fitur Mutiara Islam
dan Sepenggal kisah)
2. Kegiatan
Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa melafalkan surah Al Fatihah secara klasikal,
kelompok dan individu mengikuti bacaan guru secara hormat dan perhatian ( respect ) , Tekun ( diligence ) , serta Tanggung
jawab ( responsibility ), .
F melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan
menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka
sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran secara Peduli
( caring ) dan Jujur ( fairnes ),
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara
Tanggung jawab (
responsibility ), memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar secara
Tanggung jawab ( responsibility dan Jujur ( fairnes ).
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Siswa mengulang-ulang lafal surah Al Fatihah secara kelompok dan individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam
bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau
memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil
belajar peserta didik;
Alat / Sumber Belajar:
1. Tulisan lafal surah Al Fatihah
pada karton
2. Alquran (Juz Amma)
3. Buku Pendidikan Agama Islam
4. Buku-buku lain yang relevan
5. Kaset dan CD Alquran atau
peralatan teknologi dan komunikasi yang relevan
6. Pengalaman guru
7. Lingkungan sekitar
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen / Soal
|
Ø Melafalkan surah Al Fatihah dengan
lancar dan benar dengan rasa hormat dan perhatian (
respect ) ( NK. rasa hormat dan perhatian ( respect )
|
Tes Lisan
|
Hafalkan
|
1.
Hafalkan surah Al Fatihah dengan lancar dan benar !
2.
Apabila ada huruf bertanda baca fathah diikuti oleh
ya’ mati dibaca apa?
3.
Sebutkan
surat al-Fatihah tiap ayat!
4.
Setiap membaca satu huruf al-Quran mendapat pahala
satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipatkan .…
a. 10 kebaikan b. 20 kebaikan c. 30
kebaikan
5.
ar-rahmān artinya adalah ?
|
Format Kriteria Penilaian
- Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
- Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10..
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala SD NEGERI
TILLE
BURHANUDDIN,
S.Pd.,M.Pd
NIP : 19700804
199501 1 002
|
Tille, 2017
Guru MAPEL PAI
WAHIDA, S.Pd.I
NIP: 19690615
200701 2 040
|
BILA ANDA INGIN FILE LENGKAP RPP KURIKULUM KTSP SILAHKAN ANDA HUBUNGI KAMI
CONTAC PERSON
085255860957
Tidak ada komentar:
Posting Komentar