PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Minggu, 23 Desember 2012

masalah kesulitan belajar


A.         Menentukan Status Masalah Kesulitan Belajar
TUJUAN :
Mengamati kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam menerima pelajaran karena adanya beberapa faktor dan dari hal terdebut kita berusaha mencari pemecahan masalah atau solusi dari masalah tersebut.
PROSEDUR YANG DI TEMPUH :
1.       Mencari nilai masing – masing siswa dari seluruh bidang studi.
2.       Mengurutkan rangking siswa berdasarkan jumlah seluruh bidang studi / membandingkan rata-rata prestasi siswa seluruh kelas itu
3.       Setelah di dapatkan rangking / nilai terendah, maka sudah dapat di temukan siswa yang mengalami “kesulitan belajar”

Dari hasil observasi yang saya lakukan  dapat di simpulkan sebagai berikut :
ØWaktu Pelaksanaan dan Tempat : 25  November 2011, DI SD Negeri Mappala
ØYang di temui awalnya Kepala Sekolah SD Negeri Mappala kemudian di antar langsung ke ruang kelas untuk menemui Guru kelas V
ØSumber data yaitu guru wali kelas (Muh. Hamka)

Dari hasil yang diketahui pada siswa kelas V berdasarkan ketentuan prestasi belajar yang dicapai pada tiap bidang studi terdapat siswa yang mengalami kesulitan bejajar pada beberapa bidang studi seperti pada bidang studi matemetika. Siswa yang bernama MUH. ARYA mengalami kesulitan tersebut itu dilihat dari perolehan nilai dibawah rata-rata diantara teman-temannya yang lain pada beberapa bidang studi terutama matematika. Itu dibuktikan pada data yang terkumpul seprti nilai harian dan raport.




B.           Identitas Siswa yang Mengalami Kesulitan Belajar
TUJUAN:
Untuk mengetahui identitas lengkap dari siswa yang mengalami masalah belajar.

1. Nama                                               : MUHAMMAD ARYA
2.Jenis Kelamin                                 : laki-laki
3. Kelas                                                 : V Sekolah Dasar (SDN Mappala)
4. Nomor Stambuk                          : 0023697588
5. Agama                                             : Islam
6. Tempat Tanggal Lahir                 : Makassar,12 Mei 1998
7.  Alamat                                            : Jl. Tidung VI, stpk 5 no 13
8. Suku                                                                 : Makassar
9. Cita-cita                                           : Ingin jadi  pemain sepak bola
10. Tinggi Badan Siswa                   : 142 cm
11. Berat Badan Siswa                    : 31 kg
12. Warna Kulit Siswa                     : Sawo matang
13. Bentuk Rambut Siswa             : ikal
14. Bentuk Mata Siswa                  : cipit
15. Penyakit yang diderita            : -
16. Kondisi Badan                             : Utuh
17. Anak ke-                                       : 2 dari 4 bersaudara      
18. Ciri-ciri Khusus Lainnya           : anaknya selalu cari perhatian/ suka mengganggu temannya
19. Nama Orangtua/Wali              :a.Ayah : Arifuddin
                                                                 b.Ibu    : Halima
20. Alamat Orangua/Wali              :Jl. Talasalapan no.44
 21. Pekerjaan Orangtua/Wali     :a.Ayah : pedagang
                                                                 b.Ibu    :pedagang
22. Mata Pelajaran yang                                : Olahraga dan seni
      disenangi
23. Mata Pelajaran yang                                : Matematika dan bahasa inggris
       Tidak disenangi











C. Pengumpulan Data dan Menyajikan Data Sebab-sebab Kesulitan Belajar

Berikut dilampirkan beberapa data yang dapat dikumpulkan yaitu:
Ø  Hasil wawanca dari Muh. Arya dan sejumlah orang orang terdekat dengan dia:
                    I.            Nama                    : Muh. Arya
Tempat/waktu      : Ruang kelas/saat keluar main

No.
pertanyaan
jawaban
1

2


3

4

5



6

7

Mata pelajaran apa yang kamu paling susah bagi kamu?
Mengapa mata pelajaran itu sulit bagi kamu?

Apakah guru tidak memberikan bimbingan?
Berapa kali kamu belajar dalam sehari di rumah?
Apakah kamu tidak dibimbing sama orang tua kamu?


Jadi, apa saja aktivitas yang kamu lakukan di rumah?
Mata pelajaran apa yang paling kamu suka?
Mata pelajaran yang sulit bagi saya yaitu pelajaran matematika.
Karena saya susah menghafal rumus matematika dan saya juga belum menghafal perkalian.
Pernah tapi saya biasa malas mengikutinya.

Jarang sekali saya belajar di rumah, saat saya belajar itu pun ketika ada PR.
Saya tidak tinggal bersama orangtua tapi bersama nenek. Nenek saya sudah tua jadi jarang membimbing dan mengarahkan saya dalam belajar sehingga saya pun malas belajar.
Membantu nenek menjual dan selain itu saya bermai bola bersama teman-teman.
Saya senang dengan pelajaran olah raga dan kesenian. Saya suka olahraga karena sering bermain bola.

                  II.            Nama                    : Muh. Hamka (wali kelas arya)
Tempat/waktu      : halaman sekolah/pada saat jam keluar main
No.
Pertanyaan
jawaban
1


2

3

4


Menurut bapak Muh. Arya masih tertinggal dalam mata pelajaran apa?
Apa yang menyebabkan hal tersebut?
Bagaimana bentuk bimbingan yang babak sudah berikan kepada Arya?
Apakah arya mengalami perubahan setelah diberi bimbingan?



Arya masih sangat tertinggal dalam beberapa mata pelajaran terutama matematika. Hal itu juga dapat dilihat pada nilai-nilainya.
Selain malas, dia juga sering bermain atau mengganggu temannya ketika saya mengajar.
Saya memberikan les saat pulang sekolah dan memberikan pengulangan atau remedial.
Cuma mengalami sedikit perubahan, itu disebabkan dia malas memngikuti bimbingan tersebut dan dari hasil tes yang diberikan selalu banyak yang salah.

                III.            Nama                    : Ummu Khairah(teman sekelas Arya)
Tempat/waktu      : Ruangan kelas/pada jam keluar main
No.
Pertanyaan
jawaban
1






2

3


4


Menurut Kamu, Bagmana Keseharian Arya Ketika Belajar Dalam Kelas Dan Pada Saat Keluar Main?



Apakah Gurumu Sudah Bagus Dalam Mengajar?
Bagaimana Tindakan Gurumu Kapada Arya Ketika Pelajaran Berlangsung?
Apakah Gurumu selalu menugaskan kalian ke papan tulis, apakah Arya juga sering maju ke papan tulis?

Dia jarang memperhatikan penjelasan dari Guru bahkan sering ditegur oleh Guru karena sering mengganggu teman-teman saat pelajaran berlangsung. Sehingga dia tdak mengatahui pelajaran tersebut. Jarang yang mau berteman dengan Arya karena nakal jadi dia sering bermain sendiri.
Iya,namun jarang menggunakan media.

Arya kadang dihukum dengan disuruh keluar kelas ketika tidak menghafal perkalian.

Iya sering tapi hanya anak-anak tertentu saja atau anak-anak yang mau ke papan tulis saja. Sehingga, Arya jarang maju ke papan Tulis karena tidak tau apa-apa.

                IV.            Nama                    : Ibu Sitti(penjaga kantin/tetangga Arya)
Tempat/waktu      :kantin sekolah/jam istirahat
No.
Pertanyaan
jawaban
1



2



3

4
Bagaimana pergaulan Arya di rumah?


Apakah kedua orang tua Arya masih hidup?


Kalau ibu tau,berapa jumlah saudara arya?
Bagaimana cara Nenek arya dalam mendidiknya?
Seperti anak-anak pada umumnya, bermain bola dan kadang membantu neneknya berjualan. Karena sejak kecil iya tinggal bersama neneknya.
Iya kedua orangtuanya masih hidup namun dia dititipkan di neneknya untuk di asuh karena ketidakmampuan orang tua Arya dalam membiayai Arya.
Saudara Arya ada 3 dia merupakan anak yang ke-2.
Neneknya kadang memperingati Arya untuk belajar tapi Arya tidak mau mendengarkan neneknya bahkan kenyakan waktunya hanya untuk bermain bola. Neneknya juga sering sakit-sakitan jadi tidak terlalu kuat lagi untuk membimbing cucunya itu.



Ø  Daftar nilai tes tertulis:

No.
Nama siswa
Nilai
jumlah
Tes I
Tes II
Tes II
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1o
11
12
13
14
M. faras Reski
Mulahizul Amin
M. Zaky.P
Muh. Arya
Rama
Rahmat
Reski Amalia
Ummu Khairah
Revilda
Ananda Putri
Nurul Audya. R
Wiwin lestari
H. Firdamayanti
Nurul
70
100
90
40
60
80
75
100
65
95
75
75
85
75

80
90
90
35
65
75
70
95
70
95
70
65
80
75
70
90
100
50
60
70
80
95
70
90
80
70
80
70
220
280
280
125
185
225
225
290
205
280
225
210
245
220

Ø  Rapor kelas IV Muh. Arya semester I dan II





TUJUAN:
                Untuk mengetahui hal apa yang menyebabkan kesulitan belajar yang dialami siswa tersebut pada prestasi belajarnya.

                Dari hasil pengamatan melalui nilai-nilai raport pada semester II sebelumya pada saat duduk di bangku kelas IV,teridentifikasi bahwa Muh. Arya mengalami kesulitan belajar dalam mata pelajaran matetamtika.Setelah itu kami memberi test diagnostic dan melakukan wawancara untuk mengetahui tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran dan kesulitan belajarnya dalam kelas.Sehingga ditemukan bahwa banyak factor yang mempengaruhi Muh. Arya mengalami masalah belajar.
1.   Data latar pendidikan
Dari observasi yang dilakukan pada nilai-nilai di raportnya, dapat diketahui bahwa pada mata pelajaran matematika Muh. Arya mengalami kesulitan karena diantara semua teman-temannya nilai matematikanya paling rendah atau dibawah rata-rata. Namun,  ketika ditanya dia hanya menyukai bidang studi olah raga dan seni.
                Dari hasil observasi, diperoleh data bahwa ia dia tidak terlalu diperhatikan ketika belajar dan diberi bimbingan ketika tertinggal dalam belajar namun malas mengikutinya serta dia sering tidak memperhatikan pelajaran hingga membuatnya sering menyontek pekerjaan temanya dan bahkan sampai tidak mengerjakan tugasnya/tidak mengumpulkan tugasnya.
                Dari test diagnostik,berupa soal yang diberikan  di dapati juga bahwa ia hanya dapat menjawab 3 soal yang benar dari 5 soal dan salah semua (khusus untuk pelajaran matematika).
2.   Data latar belakang kesehatan
Dari hasil wawancara yang diberikan ditemukan tidak ada masalah namun dalam belajar MUH. ARYA tidak tenang di tempatnya atau suka mengganggu temannya.

3.   Data latar belakang psikologis
Dari hasil observasi dan wawancara pada wali kelas Arya yang diberikan ditemukan bahwa Muh. Arya suka mengganggu temannya senhingga banyak tamnannya yang tidak suka bermain dengannya.
4.   Data latar belakang keluarga
Berdasarkan hasil wawancara dan hasil biodata/identitas dirinya diketahui bahwa ia tinggal bersama dengan neneknya dan ketiga saudaranya tinggal bersama orang tuanya. Dalam kesehariannya ia kurang diperhatikan oleh orang tuanya atau jarang dikonyrol orang tuanya. Neneknya pun jarang mendidik dan membimbing Muh. Arya sehingga ia pun jarang belajar. Ia dititip dineneknya karena masalah finansial atau kendala ekonomi sehingga ia tidak mampu membiayai anaknya.
5.   Data latar belakang sosial
Dari hasil wawancara dengan Muh. Arya dia tidak terlalu akrab dengan teman-temannya karena benyak temannya yang tidak suka pada kelakuannya yaitu suka mengganggu. Tetpi ketika di rumah ia bergaul dengan tetangganya untuk bermai terutama bermain bola.
6.   Cara belajar
Dari hasil wawancara yang dilakukan Muh. Arya mengakui bahwa ia  jarang belajar saat dirumah karena dia jarang diperhatikan disekolah pun dia jarang menyelesaikan tugasnya.lebih banyak waktunya digunakan untuk bermain dan menonton saja.
7.   Dokumentasi
Data yang diperoleh dari daftar nilai kelas V bahwa Muh. Arya memperoleh peringkat 13 dari 15 jumlah siswa.
Dari hasil wawancara dengan guru kelasnya diperoleh informasi bahwa Muh.Arya alpa/tanpa keterangan sebanyak 14 kali,sakit 3 hari dan izin tidak ada untuk semester I di kls V.

D.Analisis Data dan Kesimpulan
TUJUAN:
Untuk menganalisis lebih jelas tentang siswa yang mengalami masalah belajar.

Dari hasil pemaparan diatas, kita dapat menganalisa penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh Muh. Arya sebagai berikut:

1.       Faktor dari dalam diri sendiri
a.      Siswa sulit menerima atau memahami pelajaran dari penjelasan yang diberikan dan diantara teman-temannya hanya dia yang tidak bisa memahami materidari guru.
b.      Tidak adanya keseriusan dalam belajar atau perhatian kepada Guru ketika menjelaskan materi dan hanya mengganggu temannya.Orientasi Siswa  pada nilai bukan pada ilmu.
c.       Karena tidak mengerti maka muncul tindakan untuk menyontek dan selalu mengulangi hal tersebut.
d.      Tidak ada keinginan untuk belajar terutama pada bidang matematika.   
2.       Faktor dari guru
a.       Guru tidak memberi perhatian yang lebih kepadanya atau tidak memberi bimbingan khusus.
b.      Metode pembelajaran yang monoton atau cara Guru dalam memberi materi tidak menyenangkan.
3.       Faktor dari orang tua
a.       Tidak ada ketegasan dari orang tua dalam mendidik anaknya.
b.      Kurangnya perhatian dari orangtua kepada anak sehingga anak merasa bebas untuk tidak belajar.
4.       Faktor dari sistem pendidikan
a.       Adanya sistem pengajaran yang tetap tidak berubah, walaupun pemerintah telah mengadakan perubahan kurikulum.
b.      Kurangnya pendidikan moril yang diterapkan dalam kehidupan disekolah, sehingga kemampuan anak dalam membedakan antara tindakan yang benar dan yang salah kurang di kembangkan.

Muh. Arya sangat jarang mengerjakan tugasnya di rumah, disekolahpun ia hanya mengerjakan tugasnya hanya sebagian.Setiap pulang sekolah ia hanya bermain-main dengan teman-temannya yang dimana dominan anak yang tak bersekolah dan jarang kesekolah.Orangtuanya kurang memperhatikan dan tidak menerapkan cara/waktu belajar yang baik untuk anaknya. Ia sebenarnya memiliki waktu luang yang banyak namun ia tidak memanfaatkannya malah banyak bermain dengan teman sebayanya.

ketertinggalan yang dialami oleh Muh. Arya pada beberapa  mata pelajaran terutama matermatika sangat disayangkan , ini karena tidak adanya perhatian pada pelajarannya dan kurangnya didikan dari orang tuanya juga tingkat Iqnya yang rendah. Jhon Dewey, berpendapat bahwa pendidikan adalah persoalan proses dan sosialisasi. Proses yang dimaksud adalah proses pertumbuhan dan proses dimana peserta didik mampu menghayati kejadian-kejadian dari pengalaman lingkungan sekitar. Dan disini Guru dituntut harus menjalankan tugasnya sebagaimana yang tertulis dalam UUD’45 alinea ke-4 yang berbunyi “mencerdaskan kehidupan bangsa”.
E.  Rencana Perbaikan(Prognosa)
TUJUAN:
Untuk meencari solusi atau upaya penyembuhan dari suatu masalah belajar.
        Jadi setelah kita melakukan penelitian mengenai sebab musabah sehingga siswa mengalami masalah belaar maka untuk memperbaiki kesulitan belajar Muh. Arya itu akan ditempuh usaha-usaha sebagai berikut:
Ø  Perlu diberikan bimbingan khusus dan remedial teaching dalam dalam beberapa pelajaran terutama matematika.
Ø  Perlu ada kesadaran orang tua untuk memberi perhatian yang lebih karena Muh. Arya dalam kenakalannya hanya membutuhkan perhatian.
Ø   Menimbulkan rasa sadar terhadap Muh. Arya akan pentingnya belajar.
Ø  Membuat jadwal/waktu belajar dirumah bersama orangtua siswa untuk memantau cara belajar yang baik untuk Muh. Arya ini.




1 komentar:

  1. waah lengkap sekali pembahasannya sob...terus berkarya yaa lewat blogging....

    BalasHapus