PENDIDIK HARUS TERDIDIK

Bisnis On Line Tanpa Modal

Cari Blog Ini

Rabu, 19 Desember 2012

Penegembangan Silabus dan Rpp


PENGEMBANGAN SILABUS

  1. Pengertian silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran suatu kelompok mata pelajaran / tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.( panduan penyusunan KTSP, Depdiknas,2006)
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi dan penilaian. Dengan demikian, silabus pada dasarnya menjawab perrtanyaan – pertanyaan sebagai berikut :
1.      apa kompetensi yang harus dicapai siswa yang dirumuskan dalam standar kompetensi, kompetensi dasar dan materi pembelajaran?
2.      bagaimana cara mencapainya yang dijabarkan dalam kegiatan pembelajaran beserta alokasi waktu dan alat/sumber belajar yang diperlukan? Dan
3.      bagaimana mengetahui pencapaian kompetensi yang ditandai dengan penyusunan indicator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai?
  1. Prinsip Pengembangan Silabus
1.    ilmiah
keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.
2.    Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, social, emosional,dan spiritual peserta didik.
3.    sistematis
 komponen – komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
4. konsisten
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indicator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan system penilaian.
5. memadai
            Cakupan indicator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan system penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
6. actual dan kontekstual
Cakupan indicator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan system penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.
7. fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi variasi peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi disekolah dan tuntutan masyarakat.
8. menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).
  1. Komponen dan Format Silabus
1. Komponen Silabus
Silabus memuat sekurang – kurangnya komponen- komponen berikut ini :
a.       Identifikasi
b.      Standar kompetensi
c.       Kompetensi dasar
d.      Materi pembelajaran
e.       Kegiatan pembelajaran
f.       Indicator
g.      Penilaian
h.      Alokasi waktu
i.        Sumber / bahan
2. format penyajian silabus
Dalam menyusunan silabus, penyusunan silabus dapat memilih format satu di antara beberapa format berikut ini :

Format 3
SILABUS
Nama Sekolah       :.........................................................................................
Mata Pelajaran      :........................................................................................
Kelas/Semester      :.........................................................................................

             I.      Standar Kompetensi      :....................................................................
          II.      Kompetensi Dasar          :...................................................................
       III.      Materi Penbelajaran      :...................................................................
       IV.      Kegiatan Pembelajaran :...................................................................
          V.      Indicator                          :...................................................................
       VI.      Penilaian                          :...................................................................
    VII.      Alokasi Waktu                :...................................................................
 VIII.      Sumber /Belajar/alat       :...................................................................

Penjelasan Format Silabus
a. kompetensi Dasar
dalam memahami KD perlu kita temukan focus utama atau kata kunci dari KD yang akan dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran.
b. materi pembelajaran
materi pembelajaran merupakan materi yang akan di bahas, berupa konsep, data atau fakta sebagai pendukung kompetensi yang ingin dikuasai . bahkan alat atau benda lainya.
c. kegiatan pembelajaran adalah kegiatan spesifik (diskusi, eksperimen, peragaan pengamatan) yang dilakukan siswa untuk mencapai SK dan KD
d. indicator
indicator merupakan cirri-ciri atau tanda-tanda yang menunjukkan penguasaan KD oleh siswa. Indicator bukan proses mencapai kompetensi. Indicator juga merupakan indicator penilaian, jadi harus terukur.
e. penilaian
bagaimana agar kompetensi yang telah dikuasai siswa dapat diukur secara akurat dengan menggunakan alat ukur yang dikuasai kompetensi yang akan diukur.
Penilaian dilakukandengan menggunakan teknis tes dan non tes. Penilaian degan tes dapat dilakukan secara tertulis, lisan, dan perbuatan (praktik). Adapun penilaian dengan non tes dapat dilakukan dengan pengamatan. Pengukuran sikap, pengukuran hasil karya berupa tugas, proyek dan /atau produk.
f. Alokasi waktu : dihitung termasuk alokasi penilaian yang terintegrasi dengan pembelajaran (n x 35 menit)
g. sumber belajar
apa saja yang mendukung pencapai kompetensi serta memperjelas materi ajar. Misalnya, buku teks, lingkungan, tempat/objek kunjungan, alat, bahan, nara sumber, film, peta, gambar, dan sumber lainnya.

D. Langkah-langkah pengembangan silabus
*. silabus mata pelajaran
a. mengisi kolom identifikasi
identifikasi adalah sesuatu yang akan diuraikan  atau penanda silabus, seperti nama sekolah, mata pelajaran, kelas/semester. Penyusunan silabus mengisi sesuai dengan identifikasi pada format yang diberikan.
Contoh :
SILABUS
Nama sekolah               : SD
Mata pelajaran            : Matematika
Kelas /semester            : V/ I
Standar kompetensi     : ………………..

b. menulis dan mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar
sebelum menuliskan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) terlebih dahulu mengkaji SK dan KD mata pelajaran sebagaimana tercantum pada standar isi, dengan memperhatikan hal-hal berikut :
1)             urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan / atau tingkat kesulitan   materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada si SI dalam lingkup semester;
2)             keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;
3)             keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAN PEMBELAJARAN (RPP)
A. Pengertian RPP
Sebagaiman ditegaskan dalam PP nomr 19 tahun 2005 pasal 20 bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dijabarkan dari silabus dan merupakan scenario proses pembelajaran untuk mengarahkan kegiatan belajar siswa dalam upaya mencapai KD. Didalam RPP tercermin kegiatan yang harus dilakukan guru dan siswa untuk mencapai kompetensi dasar.
Komponen RPP : 
1.      Kolom identitas mata pelajaran
2.      standar kompetensi
3.      kompetensi dasar
4.      indicator pencapai kompetensi
5.      tujuan pembelajaran
6.      materi pembelajaran
7.      metode pembelajaran
8.      kegiatan pembelajaran
9.      sumber belajar
10.  penilaian

B. Prinsip Penyusunan RPP
1.    berorientasi pada silabus mata pelajaran atau tematik.
2.    perumusan indicator pencapai kompetensi, pemilihan materi pembelajaran, penyusunan urutan penyajian materi, serta penilaian hasil pembelajaran dilakukan dengan mengacuh pada SK dan KD yang ada dalam silabus.
3.    memperhatikan perbedaan individual siswa.
4.    RPP disusun dengan memperhatikan kemampuan prasyarat, kemampuan awal, keragaman tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakata, potensi, kemampuan social, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, keragaman latar belakang budaya, norma dan tata nilai serta lingkungan sekolah.
5.    RPP disusun dengan mempertimbangkan kemungkinan penerapan teknoligi informasi dan komunikasi secara terintegrasi dan sistematis dalam pembelajaran.
6.    mendorong adanya pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
7.    proses pembelajaran dirancang dengan berfokus pada siswa untuk mendorong motivasi, minat, krearivatas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar, serta budaya membaca, menulis dan berhitung.
8.    dalam penyusunan RPP harus dirancang adanya pemberian penguatan, umpan balik positif, pengayaan, dan remedial terhadap siswa untuk mengatasi hambatan belajar siswa.
9.    RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara SK, KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar dalam satu keutuhan kegiatan.
10.     RPP disusun dengan mengakomodasikanketerpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

C. Langkah-langkah penyusunan RPP
Penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) mencakup langkah-langkah sebagai berikut :
1.      menuliskan identitas, meliputi :
a.       nama mata pelajaran
b.      kelas / semester
c.       jumlah pertemuaan / pertemuan ke…
d.      alokasi waktu
2.       menuliskan SK dan KD dari silabus mata pelajaran yang akan dicapai pada kegiatan pembelajaran tertentu.
3.      menuliskan indicator pencapai kompetensi yang telah dirumuskan dalam silabus.
4.      merumuskan tujuan pembelajaran.
a.       Merumuskan tujuan yang hendak dicapai setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kalimat operasional yang dapat diamati dan diukur.
b.      Rumusan tujuan terfokus pada pencapaian kompetensi dasar (KD) mencakup aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dikuasai siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menjadi satu kesatuan kompetensi yang utuh.
5.       merumuskan / memilih materi pokok pembelajaran
a.       Rincian materi pokok pembelajaran berisikan fakta, konsep, prinsip dan prosedur yang relevan, yang dipilah, diklasifikasikan, dan atau dikelompokan sebagai bahan / isi dalam kegiatan pembelajaran.
b.      Rincian materi pembelajaran situlis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
6.      merumuskan metode pembelajaran
merumuskan metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar, dan indicator pencapaian kompetensi dasar, dengan memanfaatkan berbagai metode yang sesuai dengan materi/bahan yang ada, lingkungan dan tingkat perkembangan anak.
7.  langkah pembelajaran
        Menyusun secara sistematik rencana pelaksanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan awal, inti, dan kegiatan akhir.
a.       Kegiatan awal
Kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian siswa agar siswa siap untuk terlibat aktif dalam pembelajaran. Kegiatan awal ini dilakukan dalam bentuk :
1)      Menghubungkan pengalaman belajar atau pengetehuan awal siswa dengan cakipan materi yang akan dipelajari.
2)      Penyampaian cakupan materi, kompetensi, indicator pencapaian kompetensi, dan relevansinya dengan praktik kehidupan sehari-hari.
b.      Kegiatan inti
Kegiatan ini merupakan proses dimana siswa mendapatkan fasilitas atau bantuan untuk mengembangkan potensi anak secara optimal dengan mencerna dan mempelajari materi dan atau struktur pembelajaran melalui pengaktifan respond an kinerja siswa disertai penguatan dan umpan balik positif. Dalam merencanakan pelaksanaan proses pambelajaran pada tahapan kegiatan inti, pendidik perlu : 
1)      Menetapkan model, strategi, metode atau teknik pembelajaran sesuai dengan pendekatan yang berfokus pada siswa, ranah pembelajaran, serta karakteristik mata pelajaran.
2)      Model, strategi, metode atau teknik yang dipilih harus intektif, inspirasi, menantang, menyenangkan, memotivasi, dan mendorong minat siswa untuk secara mandiri, kritis, kreatif dan berkelanjutan menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang harus dikuasai.
3)      Menyusun tugas-tugas yang harus dikerjakan siswa secara individual maupun kelompok sebagai bagian terpadu dari pengalaman belajar siswa. Tugas yang dikembangkan hendaknya dapat menumbuhkan kreativitas, kemandirian, dan kemampuan berfikir kritis siswa , sesuai dengan karakteristik individu dan karakteristik tiap- tiap mata pelajaran .
Beragam pendekatan dan metode yang harus digunakan untuk mencapai pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan
c.       Kegiatan akhir
Kegiatan ini dilakukan untuk mengakhiri suatu aktifitas pembelajaran. Kegiatan akhir yang dapat di lakukan oleh pendidik dan siswa, antara lain :
1)      Membuat rangkuman tentang apa yang telah dibahas atau dipelajari.
2)      Melakukan penilaian dan atau refleksi terhadap apa yang sudah di pelajari.
3)      Melaksanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial, penguatan, program pengayaan, atau penugasan baik secara individual maupun kelompok.

8.  menentuksn media / alat dan sumber belajar
a.         Menetapkan media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar baik buatan guru maupun pabrikan.
b.         Menetapkan sarana prasarana yang diperlukan dalam kegiatan belajar (separti lapangan olahraga, perpustakaan, kebun sekolah, laboratorium, dan sarana lainya).
c.         Menetukan sumber belajar, buku teks pelajaran, film, nara sumber, dan bahan referensi lain yang relevan dengan SK, KD, dan materi pembelajaran.
9.  menetukan prosedur penilaian dan menyusun instrument penilaian sesuai dengan indilator pencapaian kompetensi dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar